Sidak Di Pasar Curug, BPOM Banten Temukan Makanan Berformalin

Sidak Di Pasar Curug, BPOM Banten Temukan Makanan Berformalin

Detakbanten.com CURUG - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Banten bersama Dinas kesehatan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan menemukan sejumlah makanan mengandung zat berbahaya seperti formalin dan pewarna makanan saat melakukan sidak di pasar Curug,Kamis, (17/5/18).

Pj. Bupati Tangerang mengatakan Jadi hari ini kami melakukan sidak (Inspeksi dadakan) ke pasar Curug dan Giant Citra Raya Cikupa, dari Giant, kami tidak mendapatkan makanan yang mengandung zat berbahaya yaitu seperti mengandung formalin, Boraks, dan tidak diketemukan juga makanan kadaluarsa, hanya saja di pasar curug di temukan makanan mengandung Rodhamin-B (pewarna bahaya) dan formalin.

"Alhamdulillah untuk di giant tidak ada makan berbahaya semua aman dan tidak diketemukan juga produk makanan yang kadaluarsa, hanya saja kita menemukan makanan mengandung pewarna sintesis rodhamin-B pada pacar cina, dan formalin pada tahu" ujar Komarudin.

Lanjut Komarudin, saya akan perintahkan kapada Dinas terkait dalam hal temuan makan yang masih mengandung bahan berbahaya seperti pewarna, dan formalin, agar ditarik dari pasaran, dan diberikan pemahaman kepada para pedagang, dan terus disosialisasikan kepada masyarakat luas agar mereka tahu mana makanan yang mengandung bahan berhaya dan tidak.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Desriana mengatakan , untuk makanan yang mengandung boraks tidak kita temukan hanya saja ditemukan pewarna sintesis rodhamin-B pada pacar cina, dan formalin pada tahu, produk makanan yang mengandung pewarna sintesis rodhamin-B dan formalin ini sangat berbahaya bila dikonsumsi dalam jangka panjang. 

"Kita sudah melakukan pengecekan dan tidak ditemukan makanan mengandung boraks hanya pewarna sintesis rodhamin-B dan formalin, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung pewarna sintesis rodhamin-B jangka panjang bisa menimbulkan kanker, dan terutama kita harus jaga anak-anak kita dari makanan yang mengandung pewarna sintesis rodhamin-B dan zat berbahaya lainnya," tuturnya.

 

 

Go to top