APEC Gelar Seminar dan Deklarasi Anti Narkoba Nasional

APEC Gelar Seminar dan Deklarasi Anti Narkoba Nasional

Detakbanten.com SERANG - Asosiasi Pemuda Desa Cemplang (APEC) gelar acara Seminar dan Deklarasi Anti Narkoba Nasional, di Masjid Jami Al-Mukhlisin, Kampung Tegalsari, Desa Cemplang, Kecamatan Jawilan, Minggu, (13/5/2018).

APEC sengaja menggelar kegiatan seminar tersebut sebagai bentuk tanggung jawab organisasi kepemudaan dalam membentengi kaum muda, agar tidak terjerumus pada hal yang merugikan seperti narkoba.

Selaku panitia pelaksana Saiman mengatakan. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan seminar anti narkoba yang digagas oleh APEC dengan tema "Bangkitkan Generasi Emas Cemplang Sehat Tanpa Narkoba" menjadi sebuah doktrin positif agar rekan-rekan APEC dapat lebih berani dan lebih semangat untuk mencegah narkoba, kedepannya APEC harus ada bidang khusus mengenai pencegahan narkoba di Desa Cemplang, karena APEC merupakan wadah dari kegiatan-kegiatan positif para pemuda di Desa Cemplang.

Selaku Ketua APEC, Romdoni mengatakan. Selain memberikan pengetahuan lebih tentang bahaya narkoba, acara ini sekaligus menjadi media untuk memperkenalkan Organisasi Pemuda Desa Cemplang (APEC) yang baru berdiri sekitar satu bulan lalu kepada masyarakat luas khususnya wilayah sekitar Kecamatan Jawilan.

"Kegiatan ini merupakan awal dari hadirnya APEC dengan tujuan menjalin sinergi antara pemuda dan masyarakat serta muspika yang berada di Jawilan. Insya Allah kedepannya masih banyak lagi giat positif yang akan digagas oleh APEC," katanya.

Acara seminar dan deklarasi anti narkoba nasional tersebut dihadiri oleh 230 peserta yang terdiri dari pemuda, Muspika dan masyarakat sekitar Desa Cemplang.

Selain antusias masyarakat Desa Cemplang, acara tersebut juga menghadirkan mantan kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten, Brigjen Pol.Purn. Dr. Herru Februanto, Ketua Forum Pengajian Desa Cemplang (FPDC) KH. Ahmad Sujai serta perwakilan dari Puskesmas Jawilan.

Brigjen Pol.Purn. Herru Februanto dalam paparannya, sangat mengapresiasi adanya acara seminar dan deklarasi yg dimotori APEC, mengingat bahwa saat ini Indonesia salah satu negara dengan peredaran obat-obatan terlarang yang sangat besar, maka dengan adanya acara ini mantan kepala BNN tersebut menghimbau agar menjaga keluarga kerabat sahabat dari kejahatan narkoba.

"Untuk kedepannya, sebagai bentuk apresiasi kepada APEC, Insya Allah akan ada pembentukan satgas anti narkoba di Desa Cemplang," katanya

Kepala Desa Cemplang, Iwan Setiawan juga mendukung kegiatan yang diadakan oleh APEC, terlebih kegiatan tersebut benar-benar bersipat positif. "Karena Desa Cemplang pertumbuhan penduduknya bisa dikatakan pesat, dikhawatirkan karena salahnya pergaulan dan kurangnya pengawasan dari para orang tua, bisa saja para pemuda ikut-ikutan mencoba barang haram tersebut. Semoga dengan adanya acara ini kita bisa membuktikan bahwa hari ini dan seterusnya semua pemuda di Desa Cemplang hidup sehat tanpa narkoba," ujarnya.

Iwan Setiawan berharap, APEC mampu mendorong pemuda-pemudi yang berkompeten untuk dikembangkan agar peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang ada di Desa Cemplang bisa semakin tergali. "Saya harap seluruh masyarakat Desa Cemplang bisa bersinergi dengan APEC, terutama tokoh masyarakat serta alim ulama," tandasnya.

Go to top