Print this page

Rayakan Isra Mir'aj, DKM Mesjid Al-Barokah Gelar MTQ Tingkat Desa Talaga

Rayakan Isra Mir'aj, DKM Mesjid Al-Barokah Gelar MTQ Tingkat Desa Talaga

detakbanten.com CIKUPA - Dewan Kesejahteraan Mesjid ( DKM) Al-Barokah kembali menggelar acara lomba Musobaqoh Tilawatil Quran ( MTQ) tingkat desa Talaga Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang, pada Minggu (06/05/2018), acara yang digelar di halaman mesjid Al-Barokah ini berjalan meriah. Acara yang di prakarsai oleh Haji Mulyadi selaku tokoh masyarakat desa Talaga ini, merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dalam rangka merayakan Isra Mira'j dan sekakigus menyambut bulan suci Ramadhan.

Selain menggelar MTQ, panitia acara juga menggelar lomba pidato tingkat putra dan putri, qosidah, marawis serta murotal quran. Sebeum acara dimulai warga desa Talaga melakukan pawai taaruf, mengelilingi kampung, dengan menggunakan kendaran roda dua dan empat, ratusan warga terlihat antusias mengikuti acara pawai taaruf ini.

Ketua panitia Ustad Astari mengatakan, acara yang digelar di mesjid Albarokah ini diiai dengan kegiatan berbagai lomba, dengan tujuan untuk mencari bakat anak-anak dan remaja di desa Talaga ini, acara MTQ ini sudah dua kali dilaksanakan secara rutin.

" Acara ini diikuti warga yang mewakili RT dan RW di Desa Talaga, lomba yang diikuti oleh peserta diantaranya lomba murottal, dan baca Alquran. Kemudian malam harinya diadakan tablig akbar" tandasnya.

Ketua DKM Mesjid Albarkah Yunus mengatakan, kegiatan acara MTQ ini bertujuan untuk mensyiarkan Islam karena Alquran sebagai pedoman hidup manusia yang senantiasa harus dijaga dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

 " Kami berharap melalui lomba ini generasi muda warga Desa Talaga bisa memicu untuk mencintai alquran dan bisa mempraktekannnya dalm kehidupan sehari-hari. Semoga dengan acara ini bisa menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT," ujarnya.

Sementara, Haji Mulyadi tokoh masyarakat yang memprakarsai acara kegiatan MTQ ini mengatakan, MTQ se Desa Talaga ini menjadi merupakan ajang silaturahmi antar warga dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan. Lomba murotal dan pidato yang diggelar pada MTQ ini bertujuan agar remaja yang menjadi generasi penerus bangsa dan agama bisa menjadi pemicu untuk tetap berkarya.

"Acara ini sudah dua kali digelar di Desa Talaga mudah-mudahan acara ini bisa digelar secara rutin setiap tahunnya agar bisa mencetak kader-kader muda yang mampu membaca dan membumikan alquran,"katanya.

Kades Talaga Edi Masnen mengapresiasi kegiatan MTQ yang digelar di Desa Talaga. Menurut dia hikmah yang bisa diambil dalam acara ini adalah rasa persatuan dan kesatuan antar warga.

 "Kami bangga kepada warga Talaga karena masih bisa menjaga kultur dan budaya islam di tengah-tengah arus modernisasi dan urbanisasi. Sehingga Desa Talaga tetap menjadi Desa yang relegius," katanya.