Melalui GERMAS, Dinkes Himbau Warga Hidup Sehat

Melalui GERMAS, Dinkes Himbau Warga Hidup Sehat

detakbanten.com SERANG - Dinas Kesehatan Kota Serang menggelar kegiatan Penguatan GERMAS melalui Ormas UKBM di Kota Serang Tahun 2018 di Hotel Puri Kayana Serang, (23/4/2018).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Serang H.Sulhi,M.Si yang diikuti sebanyak 300 peserta meliputi Kepala Puskesmas, Petugas Promkes, Bidan Desa dan Kader Puskesmas se-Kota Serang, PKK Kota Serang, DWP Kota Serang, Akbid Aisyiyah, Pengajian Al-Hidayah Kota Serang, dan Muslimat NU kota serang.

Dalam acara tersebut Menghadirkan narasumber dari Kementerian Kesehatan RI Ismoyowati, dan dari Dinas Kesehatan Kota Serang Dr.Hikmat Sumantri,M.Kes.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup, ungkap Wakil Walikota Serang H.Sulhi,M.Si

Sulhi menyampaikan, GERMAS juga dapat dilakukan dengan cara melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi buah dan sayur, melakukan aktifitas fisik 30 menit perhari, mengkonsumsi buah dan sayur, dan memeriksa kesehatan secara rutin dan tidak merokok, tidak mengkonsumsi alcohol, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban, ungkapnya.

Dalam rangka mendukung program GERMAS, Wakil Walikota makan buah pisang, senam peregangan dan penandatanganan komitmen bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang dan para peserta kegiatan.

Dalam kesempatan itu Kementerian Kesehatan RI Ismoyowati menyampaikan, Kita ini negara tropis, banyak sayuran dan buah tumbuh. Rasanya enak dan menyegarkan. Semua ada dan tumbuh di Indonesia. Harusnya kita bersyukur dengan banyak makan buah dan sayur, kata Menkes.

Menurut Menkes, kita harus segera berubah cara pandang, tidak banyak makan enak, sate, duren yang akan menyebabkan banyak masyarakat jatuh sakit karena salah makan.

"Seharusnya kita menjadi masyarakat yang siap makan makanan sehat, bukan makanan enak. Sehingga kita akan menjadi manusia yang sehat." Pungkasnya.

 

 

Go to top