Wartawan Banten Gelar FGD Melawan Hoax Berjalan Lancar.

Wartawan Banten Gelar FGD Melawan Hoax Berjalan Lancar.

Detakbanten.com SERANG - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten dalam acara Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri para pimpinan dan pengurus organisasi pers yakni Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Forum Komunikasi TV Lokal Banten (FK-TVLB) dan seluruh pengurus cabang PWI kabupaten dan kota di Banten berjalan lancar.

Acara yang digelar di hotel Horison Ultima Ratu Serang selama dua hari ini Yang menghadirkan Narasumber para pakar dan praktisi pada acara Focus Group Discussion Dengan memberi perhatian khusus terhadap persoalan pers dan media terkait maraknya kasus pemberitaan bohong alias hoax.

Dalam FGD yang mengangkat tema besar 'Independensi dan Profesionalisme Pers Melawan Hoax', para narasumber menjelaskan apa itu hoax, bagaimana cara memperangi hoax dan menjalaskan hukuman dan saksi bagi yang menyebarkan berita bohong atau hoax.

Pada hari pertama, Kamis (12/4/2018), Bahasan tentang 'Pers Sehat, Media Kuat, Informasi Akurat' yang disampaikan oleh para narasumber Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo dan Ketua DPRD Banten.

Selanjutnya, agenda FGD mulai masuk pada pembahasan perilaku dan kode etik wartawan yang terkait dengan dinamika media akhir-akhir ini. Dengan mengangkat topik 'Kode Etik Jurnalistik dan Kode Perilaku (Code of Conduct) Wartawan Sebagai Penangkal Gejolak Publik',.

Ketua PWI Banten, Firdaus mengatakan, pers dan media memiliki andil dalam perkembangan dan dinamika yang terjadi di negara. Terlebih lagi belakangan ini sedang ada fenomena hoax atau berita bohong) yang harus ditangkal bersama.

"Berbagai dinamika di nasional maupun di daerah menjadi perhatian bagi kami di PWI untuk membuat pers kita menjadi sehat, independen dan profesional," kata Firdaus.

Ia mengatakan, tema besar FGD menitikberatkan pada persoalan pers dan maraknya hoax yang tersebar di sejumlah platform media siber (media online dan media sosial).

Oleh karena itu pada hari kedua ini, FGD membahas topik 'Undang-undang ITE dan Delik Pers sebagai Penangkal Hoax di Dunia Siber' dengan narasumber Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) pusat Auri Jaya, kemudian Ketua Jaringan Wartawan Anti Hoax pusat Agus Sudibyo serta Ketua Dewan Kehormatan PWI pusat, Ilham Bintang yang merupakan Owner/Pendiri Cek & Ricek

Baca Juga : Wartawan Banten Gelar FGD Bahas Pers dan Hoax

 

 

Go to top