Mantan Sekdis Bappeda Kabupaten Tangerang Dilantik Jadi Penjabat Bupati Tangerang

Mantan Sekdis Bappeda Kabupaten Tangerang Dilantik Jadi Penjabat Bupati Tangerang

detakbanten.com TIGARAKSA - Mantan Sekdis Badan perencanaan daerah ( Bapeda ) Kabupaten Tangerang Komarudin resmi dilantik oleh WH menjadi Penjabat Bupati Tangerang, pada Jumat (6/4/2018) di Gedung Serba Guna ( GSG), dalam acara tersebut, Gubernur Banten Wahidin Halim meminta agar Komarudin bisa melaksanakan tugas sebagai penjabat bupati Tangerang dengan sebaik-baiknya.

Komarudin yang saat ini menjadi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten, menggantikan posisi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Wakilnya Hermansyah yang masa jabatannya berakhir pada 22 Maret lalu. Sebelum ada bupati definitip secara aturan Gubernur wajib mengangkat penjabat bupati untuk melaksanakan roda pemerintahan di Kabupaten Tangerang.

Gubernur Banten, Wahidin Halim dalam pidatonya mengatakan, agar Komarudin bisa segera menyesuaikan diri dengan kondisi Pemerintahan di Kabupaten Tangerang, khususnya dalam menghadapi setiap permasalahan yang akan terjadi kedepan. Untuk itu, menurut pria yang akrap disapa dengan sebutan WH itu, mengharapkan agar Komarudin bisa bekerja cepat, dalam menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Tangerang, bersama seluruh jajaran SKPD di lingkungan Pemkab Tangerang.

Ia pun mengaku, sebelumnya sempat ingin mengajukan Moch Maesyal Rasyid agar bisa dilantik sebagai Penjabat Bupati Tangerang yang baru, sambil menunggu keputusan KPU kedepan. Namun, imbuh WH, hal itu tidak memungkinkan sehingga Mendagri akhirnya menjatuhkan bahwa Komarudinlah yang ditunjuk sebagai Penjabat Bupati Tangerang, hal itu sesuai peraturan dan Undang-undang yang berlaku.

"Sebelumnya saya inginnya pak Maesyal yang dilantik. Namun aturan berkata berbeda. Hal itu mengingat pak Komarudin ini juga kan baru menjabat dua bulan di BKD Banten," kata WH, kemarin.

Pada sisi lain, WH juga berpesan agar Komarudin bisa mengemban amanah yang dipikulnya dengan sebaik mungkin, dan tidak bersikap berlebih seolah-olah adalah Bupati sungguhan, yang padahal hanya menjabat selama 10 bulan ke depan saja sebagai Penjabat Bupati Tangerang.

"Agar jangan petuntang petenteng, melebihi bupati sungguhan, karena ini hanya jabatan sementara saja, kurang lebih sekitar sepuluh bulan kedepan," katanya.

Menurut WH, meski Komarudin saat ini adalah Penjabat Bupati Tangerang, komarudin tetap harus menghargai Sekda Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid, melihat rekam jejaknya, pria yang akrap disapa Rudi. Maesyal itu adalah senior dari Komarudin saat sekolah di IPDN dulu.

"Walau sekarang Bupati, gimanapun juga, pak Maesyal Rasyid adalah Seniornya juga saat masih sekolah di IPDN dulunya" kata WH.

Untuk itu, imbuh WH, meski ia meyakini pelaksanaan Pilkada 2018 nanti bakal berjalan lancar. Namun dirinyapun tetap berpesan agar pemerintah daerah bisa ikut memfasilitasinya, ikut memantau, dan bekerja sama dengan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah lainnya dalam menjalankan pesta demokrasi daerah itu kedepan.

“Dengan begitu, tugas yang diberikan ini juga harus diemban dengan sebaik-baiknya

Usai di lantik, Penjabat Bupati Tangerang, Komarudin mengaku, telah siap untuk menjalankan seluruh program-program pembangunan sesuai rencana kerja anggaran (RKA) tahun sebelumnya yang telah disusun.

"Kita akan jalankan semuanya, sesuai dengan perencanaan dan RKA yang telah dibikinkan kemarin, sebelum saya menjabat sebagai Bupati," aku Komarudin.

Sementara itu, Sekda kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid mengaku, tidak keberatan atas pelantikan Komarudin sebagai Penjabat Bupati Tangerang yang baru sambil menunggu keputusan KPU mengenai Bupati Tangerang yang baru nantinya.

Menurutnya, meski Komarudin adalah juniornya saat, sekolah dulu di IPN. Namun, kata Rudi, hal itu tidak akan menghambat roda pemerintahan di Kabupaten Tangerang untuk terus berjalan.

Ia mengaku akan tetap menghormati Komarudin sebagai pimpinannya seorang Penjabat Bupati, meski Komarudin juniornya saat sekolah dulu.

"Tidak masalah, akan tetap saya hormati sebagai pimpinan saya sebagai Bupati. Tangerang kedepan. Saya legowo karena aturannya mengatakan demikian," katanya.

 

 

Go to top