Sekda Berharap OPD Fokus Pada Program Kerja

Sekda Berharap OPD Fokus Pada Program Kerja

Detakbanten.com Sekretaris Daerah (Sekda) kota Tangerang Dadi Budaeri berharap program pembangunan yang ada bisa benar-benar mengakomodir berbagai persoalan mendasar yang dihadapi oleh masyarakat.

"Persoalan yang dirasakan oleh masyarakat saat ini itu panas, macet dan genangan. Sebenarnya bila tiga persoalan tersebut dikeroyok bareng-bareng oleh semua OPD yang ada, performance kita dimata masyarakat juga akan meningkat," papar Dadi saat menutup kegiatan Penajaman Rencana Program Kegiatan tahun 2019 yang dilaksanakan di Hotel Aston Cengkareng, Kamis (05/04).
Untuk itu, perencanaan program kegiatan ke depan terfokus terhadap tiga persoalan yang memang saat ini menjadi pekerjaan rumah pemerintah.
"Contoh soal kemacetan kita selalu nunggu macet dulu baru kemudian melakukan action entah itu lewat perbaikan jalan, penambahan geometri jalan atau melakukan rekayasa lalu lintas. Jadi terkesan kita tidak berusaha menyelesaikan permasalahan tapi malah menunggu peluang munculnya masalah lainnya," katanya.
"Dari dulu padahal kita sudah tahu bahwa pelebaran jalan tidak akan menyelesaikan persoalan kemacetan. Kenapa tidak lakukan pengelolaan transportasi secara baik dan benar. Dengan mengoptimalkan ruas jalan yang memang terbatas untuk transportasi massal yang nyaman, sehingga orang tidak lagi menggunakan kendaraan pribadi, berhasil ke angkutan massal," sambungnya.
Masih soal penanganan kemacetan, ia juga berharap agar para ASN juga bisa menjadi pelopor penggunaan transportasi umum di Kota Tangerang.
"Inikan kalau pegawai yang jumlahnya sekitar 6.000 orang bisa menjadi pelopor penggunaan angkutan umum mungkin bisa sedikit mengurangi kemacetan," ucapnya.
Sementara itu, Asisten Daerah 2 Pemkot Tangerang Muhtarom menyampaikan bahwa secara garis besar program pembangunan di Kota Tangerang di 2019 menitik beratkan kepada berbagai program inovative yang bertujuan untuk menyelesaikan dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.
"Setelah dilakukan penajaman program yang diusulkan oleh OPD muncul 98 program inovative diantaranya terkait dengan urusan pekerjaan umum dan juga transportasi," jelasnya saat memberikan laporannya kepada Sekda.
Sebagai informasi penajaman program pembangunan 2019 menjadi bagian dari proses perencanaan pembangunan yang telah melalui tahap Musyawarah Rencana Pembangunan dengan melibatkan masyarakat, sebelum kemudian dituangkan dalam APBD 2019.

Baca Juga : Edarkan Uang Palsu, Warga Lampung Dibekuk Polisi

 

 

Go to top