Abuya Muhtadi Pimpin Zikir di Ponpes Albadar

Abuya Muhtadi Pimpin Zikir di Ponpes Albadar

detakbanten.com BALARAJA — Ulama Kharismatik Abuya Muhtadi asal Pandeglang pimpin zikir akbar di komplek pendidikan Pondok Pesantren (Ponpes) tahfidzul Quran Al Badar 2, Desa Dangdeur, Kecamatan Balaraja, Rabu, (21/3/2019).

Dalam acara zikir tersebut, Ponpes Al Badar melaunching program mencerdaskan yatim.

Ketua Yayasan Pendidikan Al Badar Dangdeur, Uwesul Qurni mengatakan Program Mencerdaskan Yatim ini sengaja digelar sebagai bentuk keperdulian terhadap masa depan para anak yatim. Pasalnya akibat tak lagi memliki kepala keluarga membuat mereka kesulitan untuk mendapatkan akses pendidikan yang baik akibat minimnya biaya.

“Kami lihat banyak sekali anak yatim yang terpaksa putus sekolah karena tidak adanya biaya. Maka dengan Program Mencerdaskan Yatim ini, bisa membantu para anak yatim untuk memperoleh pendidikan,” ujar Uwes dalam sambutannya.

Adapun dalam Program Mencerdaskan Yatim pihaknya tidak hanya memberikan pendidikan formal semata, tetapi para anak yatim tersebut juga dibekali dengan ilmu agama dengan menempuh pendidikan di pondok pesantren.

“Siang hari anak yatim bisa menjalani pendidikan formal di SMP atau SMK sesuai jenjang umurnya, dan di sore dan malam hari mereka melanjutkannya untuk belajar ilmu agama di ponpes,” papar pria yang juga pernah bekerja sebagai jurnalis serta menjadi anggota DPRD Kabupaten Tangerang ini.

Di Yayasan Pendidikan Al Badar Dangdeur sendiri, lanjut Uwes dari 1.200 siswa yang ada 270 diantaranya merupakan anak yatim. Mereka dibebaskan dari segala biaya pendidikan termasuk untuk menginap dan makan.

“Selain menggunakan metode subsidi silang dalam pembiayaan pendidikan, kami juga membuka diri jika ada donatur yang ingin membiayai anak yatim,” jelasnya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar yang hadir dalam acara launching tersebut, mengaku mengapresiasi program yang digagas Yayasan Pendidikan Al Badar Dangdeur bagi anak yatim ini. Menurut Muhaimin, program ini merupakan program cerdas dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia Indonesia.

“Saya sangat mendukung Program Mencerdaskan Yatim ini, untuk itu saya akan meminta selruh pengurus DPW dan DPC PKB serta anggota dewan dari PKB untuk membantu Yayasan Pendidikan Al Badar dalam mewujudkan programnya.

Sementara itu Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ) Gerakan Reformasi Masyarakat (Geram) Banten, Alamsyah mengaku siap mendukung Program Mencerdaskan Yatim yang digagas Yayasan Pendidikan Al Badar Dangdeur ini. Karena menurut pria yang akrab disapa ini, organisasi yang dipimpinnya dibentuk untuk membantu berbagai program pemerintah termasuk dalam bidang pendidikan.
“Program Mencerdaskan Yatim akan kami dukung karena menciptakan generasi handal lewat pendidikan menjadi salah satu program Geram Banten,” pungkasnya.

 Baca Juga : Ponpes Subulussalam, Gelar Festival Sebumi

Go to top