Antisipasi Banjir, Pemkab Tangerang Perbaiki Sungai Cirumpak

Pemkab Tangerang Mengeruk Sungai Cirumpak Pemkab Tangerang Mengeruk Sungai Cirumpak

Detakbanten.comKRONJO --- Untuk mengantisipasi banjir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya air (DBMSDA) melakukan normalisasi sungai Cirumpak di Desa Pagedangan Udik, Kecamatan Kronjo. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi terjadinya banjir yang kerap melanda warga akibat terjadinya sendimentasi di sungai tersebut.

Pengawas Proyek Normalisasi Sungai Cirumpak Iyus Rusdi mengatakan, kegiatan ini merupakan normalisasi tahap kedua yang dilakukan untuk mengembalikan fungsi Sungai Cirumpak .Ditahap kedua ini lanjut Iyus pihaknya akan melakukan pengerukan sepanjang dua kilometer di kiri dan kanan sungai .
Untuk pengerjaannya sendiri direncanakan akan selesai di bulan Juni mendatang. Karena proyek ini diagendakan 90 hari kalender. Sedangkan saat ditanya berapa besaran anggaran yang dibutuhkan Iyus mengaku tidak mengetahui pasti, hanya saja dirinya memperkirakan biayanya di bawah Rp 200 juta.

“Anggaran pastinya saya tidak hapal kang. Namun pastinya di bawah Rp 200 juta karena merupakan Penunjukan langsung ( PL),”jelasnya.

Warga kampung Cirumpak, desa Pasilian, Kecamatan Kronjo Yanto mengaku Yanto, warga mengapresiasi kegiatan normalisasi sungai Cirumpak oleh DBMSDA Kabupaten Tangerang ini. Sebab menurut Yanto dengan adanya normalsasi sungai Cirumpak ini membuat warga tenang karena akan terbebas dari ancaman banjir.

“Warga ikut membantu petugas DBMSDA saat menurunkan alat berat sebagai bentuk apresiasi warga,” tuturnya.

Yanto mengatakan, selama ini luapan air sungai Cirumpak kerap merendam puluhan rumah warga Kampung Cirumpak, Desa Pagedangan Udik. Hal ini karena beberapa titik yang belum sempat dikerjakan oleh DBMSDA Kabupaten Tangerang terjadi pendangkalan cukup parah.

“Warga mengampaikan aspirasi yang minta DBMSDA Kabupaten Tangerang kembali melakukan normalisasi. Alhamdulilah diwujudkan,” pungkasnya.

Baca Juga : Ratusan Rumah di Baros Terendam

 

 

Go to top