Desa Tanjung Anom Ditargetkan Jadi Desa Wisata

Desa Tanjung Anom Ditargetkan Jadi Desa Wisata

Detakbanten.comMAUK — Desa Tanjung Anom, Kecamatan Mauk direkomendasikan sebagai salah satu desa wisata, di Kabupaten Tangerang. Sebelumnya dilakukan seleksi terhadap beberapa desa lainnya di Mauk seperti Desa Gunung Sari, Desa Mauk Barat, Desa Sasak, dan Desa Marga Mulya yang digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Kecamatan Mauk.

Kepala Seksi (Kasie) Pemerintah Kecamatan Mauk Nina Herlina mengatakan Desa Tanjung Anom dipromosikan menjadi Desa Wisata di Kecamatan Mauk karena selain desa pesisir juga konsep pengembangan wisata yang disampaikan oleh aparatur desa lebih mudah dan bisa dipahami aparatur kecamatan. "Kita sudah tentukan Desa Tanjung Anom direkomondasikan ke Pemkab Tangerang untuk menjadi Desa Wisata," kata Nina.

Nina menjelaskan, pengembangan Desa Wisata hanya satu setiap Kecamatan. Artinya, pihaknya harus bisa menetukan satu desa dari 4 desa yang diseleksi untuk direkomondasikan ke Pemkab Tangerang melalui Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar). "Nanti, Desa Tanjung Anom akan ditata menjadi kawasan Desa Wisata. Bila setelah ditata ada peningkatan baik kunjungan wisata dan ekonomi warga tidak menutup kemungkinan desa yang lain akan dipromosikan kembali menjadi Desa Wisata," ujarnya.

Menurut Nina, penataan Desa Tanjung Anom yang akan menjadi Desa Wisata meliputi akses jalan, penata lingkungan, dan Sumber Daya Manusia (SDM). " Desa Tanjung Anom memiliki pantai nanti akan ditata baik wisata pantai dan wisata kuliner didukung dengan pelatihan SDM untuk mendukungnya," pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Camat (Secam) Mauk Cucu Abdulrosyied menambahkan selain melakukan seleksi terhadap empat desa yang salah satu yang dijadikan Desa Wisata. Pihaknya juga memberikan pembekalan rencana kegiatan desa termasuk rencana penataan Desa Wisata. "Kami menilai penataan kalau tidak didukung dengan konsep rencana mustahil terhujud penataan Desa Wisata. Mangkanya, kita juga berikan pembekalan rencana kegiatannya," jelasnya.

Baca Juga : Gagal Beraksi di Siang Hari, Pelaku Ranmor di Mauk Ditangkap

Go to top