Print this page

6 Kecamatan Direndam Banjir

6 Kecamatan Direndam Banjir

detaktangsel.com- CURUG, Ribuan rumah di enam kecamatan se Kabupaten Tangerang terendam banjir. Sudah lima hari, banjir yang menggenangi rumah warga ini belum juga surut, banyak warga yang terpaksa bertahan di posko pengungsian.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana pada Dinas Pemadam kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Tangerang, Kadmita menatakan, akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tangerang, sejumlah wilayah terendam banjir mulai ketinggian 50 centimeter hingga 1 meter.

Titik banjir terparah saat ini menurut Kadmita yakni di Perumahan Mustika, Desa Pasirnangka, Kecamatan Tigaraksa sekitar 400 rumah terendam. Selain itu, sekitar 600 rumah di Desa Cirumpak, Kecamatan Kronjo, sekitar 400 rumah di Desa Gunung Kaler, Kecamatan Gunung Kaler, sekitar 670 runah di Desa Cikande, Kecamatan Jayanti, sekitar 470 rumah di desa Gelam Jaya, Kecamatan Pasar Kemis dan sekitar 300 rumah di Desa Kutruk Kecamatan Jambe juga ikut terendam.

"Sampai saat ini banjir terparah masih melanda Desa Cirumpak, Kecamatan Kronjo. Ketinggian air masih sepinggang orang dewasa," ujar Kadmita kepada Detak Tangsel.com.

Menurutnya, pihaknya telah menurunkan sebanyak 147 personel tim penaggulangan bencana, ditambah personel Tagana, TNI dan Polri. Sampai hari ini pihaknya telah mendirikan tenda pengungsian dan tenda dapur umum sebanyak 1 unit di Jambe, 1 unit di Jayanti, 1 unit di Pasarkemis, 2 unit di Kronjo dan 2 unit di Mustika Tigaraksa.

"Berbagai bantauan makanan dan sandang sudah kami sebar di posko-posko bantuan. Yakni beras, sarden, mie instan, air mineral, makanan ringan hingga tiker dan selimut. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban para korban banjir," tuturnya.

Menurut rencana hari ini, jika tidak turun hujan yang menyebabkan banjir, pihaknya akan menarik posko di Kecamatan Jambe untuk di pindahkan ke Kecamatan Kronjo. Karena di Jambe air sudah mulai surut, sementara di Kronjo masih cukup tinggi. (Vj)