Setelah Padang, Banten Dijadwalkan Tuan Rumah HPN 2019 mendatang

Setelah Padang, Banten Dijadwalkan Tuan Rumah HPN 2019 mendatang

detakbanten.com Padang - Ribuan insan pers dari seantero nusantara, tahun 2019 mendatang dipastikan bakal memenuhi Provinsi Banten. Hal tersebut menyusul setelah Gubernur Banten Wahidin Halim, menyatakan siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN).

Meski menyatakan siap menggelar HPN 2019 mendatang, namun orang nomor satu di provinsi paling barat pulau Jawa itu belum mengetahui syarat bila Banten dipercaya menjadi lokasi penyelenggaraan HPN tersebut.

"Apa saja syaratnya kalau menjadi tuan rumah HPN,” kata Gubernur Banten saat melepas Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten yang akan menghadiri HPN 2018 di Padang, Sumatera Barat, Selasa (6/2/2018).

Dihadapan Pengurus PWI Banten, WH mengaku tidak keberatan bahkan mendukung program PWI pusat untuk menganggarkan penyelenggaraan HPN di Banten jika memang salah satu syaratnya harus ada dukungan dari pemda.

"Pemerintah Provinsi Banten akan menganggarkannya di APBD jika memang tidak menyalahi aturan. Masalahnya menyalahi aturan atau melanggar tidak,” kata WH sedikit bertanya.

Menyikapi pertanyaan ini Sekretaris PWI Provinsi Banten, Cahyono Adi yang saat itu hadir bersama sejumlah pengurusnya ini meyakinkan bila hal ini diperbolehkan.

"Selama ini, yang menjadi tuan rumah HPN selalu disupport oleh pemerintah daerah mereka,” ujarnya.

 

Baca Juga : Peringatan HPN Wagub Tekan dinas Terbuka Dalam Informasi

 

Namun begitu, bukan berarti semua aktivitas PWI berjalan hanya bergantung kepada anggaran pemerintah. "Selama tiga tahun terakhir ini, alhamdulillah, aktivitas PWI bisa berjalan meskipun tanpa dukungan anggaran pemerintah,” kata Adi menambahkan.

Untuk diketahui, HPN ke-32 di Kota Padang, Sumatra Barat, puncaknya berlangsung sejak tanggal 7 hingga 9 Februari 2018 ini. Dari rangkaian HPN di Kota Padang ini, juga akan dihadiri Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi. Hal terlihat dari sejumlah jalan-jalan kota dan jalan-jalan provinsi di Kota Padang, terpampang ucapan selamat datang yang ditujukan kepada Presiden Jokowi. 

 

 

Go to top