Warga Miskin di Kabupaten Serang Derita Penyakit Aneh

Atma, penderita penyakit aneh dikunjungi perwakilan Polsek Jawilan, Kabupaten Serang. Atma, penderita penyakit aneh dikunjungi perwakilan Polsek Jawilan, Kabupaten Serang. Rhony

Detakbanten.com SERANG - Sudah empat bulan terakhir ini warga Kampung Simpangsari Rt.18/Rw.04, Desa Cemplang, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Provinsi Banten Amat (55) harus menahan sakit lantaran penyakit aneh yang dideritanya.

Atma menderita pembengkakan pada lambung dan perut membesar. Terlihat seperti wanita hamil. Sebenarnya, Atma sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Provinsi Banten selama satu pekan pada September lalu. Namun, tidak ada perubahan.

Terakhir Atma kembali dibawa berobat ke Rumah Sakit Umum Provinsi Banten Pada Selasa, (16/1/2018), Atma diberi obat untuk dikonsumsi selama satu bulan dari pihak Rumah Sakit, dan disarankan kembali berobat setelah obat yang diberikan habis. "Kemarin saya kembali diajak berobat pak sama kader yang ada disini, dan saya diberi obat untuk satu bulan dari rumah sakit. Kalau tidak ada perubahan, saya disarankan untuk kembali kesana," kata Atma saat ditemui dikediamannya pada Rabu, (17/1/2018).

Selama ini Atma dirawat oleh ibunya Rahani (65), karena istri Atma sudah meninggal dunia. Atma berharap bisa kembali pulih seperti sedia kala. "Kalau misalkan harus dioperasi, saya siap pak. Karena saya benar-benar ingin sembuh," ujarnya.

Sementara orang tua Atma, Rahani mengatakan, kalau sedang kumat, badan Atma panas, perut mengeras dan terus merintih kesakitan. "Kalau lagi kumat, udah kaya orang mau mati aja pak, dia meringis ringis kesakitan," jelasnya.

Sampai saat ini, kata Rahani, Atma belum memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan BPJS Kesehatan. Untuk pengobatan Atma hanya Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). "Saya KIS gak punya pak, apalagi BPJS yang harus dibayar setiap bulan," lirihnya

Sementara Bhabinkamtibmas Desa Cemplang Brigadir Yoyon Purnomo menyempatkan diri untuk menjenguk Atma yang tengah sakit. Ia mendapat intruksi dari Kapolsek untuk menyambangi dan melihat kondisi Atma secara langsung. "Saya mendapat intruksi dari Pak Kapolsek untuk mewakilinya sambangi Atma," tandaanya.

Go to top