Keberagaman Suku Dalam Karnaval Budaya

Keberagaman Suku Dalam Karnaval Budaya

Detakbanten.com KAB. TANGERANG - Karnaval budaya yang digelar di Puspemkab Tangerang, Kecamatan Tigaraksa pada Jum'at (29/12/2017) berlangsung meriah, ribuan warga kabupaten disuguhkan dengan karnaval budaya yang menggambarkan keanekaragaman budaya di Kabupaten Tangerang.

Tema pertama mengusung tentang sejarah Tangerang yang dikemas dalam penampilan teatrikal tiga tumenggung Aria Wangsakara, Aria Yudha negara, Aria Jaya Santika. Selain itu penampilan parade baju etnik yang ada di Kabupaten Tangerang yakni baju adat jawa, Sunda, dan China menggambarkan empat budaya besar hidup berdampingan dengan damai, tak hanya itu pada karnaval ini ditampilkan juga aneka ragam produk kerajinan tangan, serta parade 500 santri dan penampilan baju adat, Jawa, Sunda, Bima, Betawi, papua, Batak yang menunjukkan bahwa di kabupaten Tangerang beragam suku hidup rukun berdampingan.

“Ya, acara karnaval budaya pada HUT Kabupaten Tangerang ke-74 ini menggambarkan keberagaman budaya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang ada di Kabupaten Tangerang, karena Kabupaten Tangerang merupakan miniatur dari Indonesia itu sendiri," terang Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar.

Arak-arakan karnaval budaya disambut meriah dan antusias oleh masyarakat sekitar yang turut menyaksikan jalannya karnaval. Risma salah seorang warga yang ikut serta menyaksikan Parade Karnaval Budaya Tangerang Gemilang mengaku senang dengan digelarnya karnaval ini.

"Semoga tahun depan lebih meriah lagi dan banyak warga juga yang turut serta menyaksikan atau mengikuti parade Karnaval Budaya Tangerang Gemilang," terang warga Tigaraksa Jamaludin.

 

Go to top