Petani Teluk Naga Tanam Melon Alisha

Petani Teluk Naga panen melon jenis varietas Alisha. Petani Teluk Naga panen melon jenis varietas Alisha. Khanif

Detakbanten.com KOTA TANGERANG-Petani sayuran di kawasan Teluknaga, Kota Tangerang berhasil membudidayakan sejumlah varietas melon dengan nilai ekonomis tinggi. Salah satu yang berhasil dibudidayakan adalah varietas ALISHA F1 yang mampu berproduksi 49-54 ton per hektare.

"Kami sangat senang karena berhasil membudidayakan melon kuning ini dengan baik. Melon ini memiliki nilai ekonomis tinggi. Hasil panen yang tinggi dan buah yang kualitasnya sangat bagus ini tentu akan meningkatkan pendapatan kami sebagai petani," ucap Ketua Kelompok Tani Teluknaga Suratman pada Senin, (18/12/2017).

Tahun ini, kelompoknya berhasil menanam dua melon yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi, yaitu ALISHA F1 dan STELLA F1. Kedua melon tersebut benihnya diproduksi PT East West Seed (Ewindo) atau Cap Panah Merah.

"Kami sangat bangga karena membudidayakan melon kuning tidak mudah. Memerlukan perawatan dan perhatian besar dan penuh ketelitian," kata Suratman.

Sementara Direktur Marketing PT East West Seed Afrizal Gindow menerangkan, kedua varietas ALISHA F1 dan STELLA F1 merupakan melon hibrida yang dihasilkan melalui penelitian bertahun-tahun yang dilakukan oleh perusahaan.

"Visi kami yaitu ingin meningkatkan kehidupan petani, bagaimana petani ini lebih baik lagi taraf kehidupannya. Kalau petani sudah tangguh program apa saja akan dapat berjalan, sehingga semuanya akan berjalan dengan baik dan nyaman," jelasnya

Afrizal menerangkan, melon yang dihasilkan oleh petani ini didistribusikan ke sejumlah supermarket di daerah Banten. "Melalui upaya penelitian, program alih teknologi dan pendampingan yang dilakukan Ewindo secara terus menerus, kami optimis ketahanan pangan di Indonesia khususnya untuk holtikultura dapat tercapai. Lebih dari itu melalui upaya yang terintrgrasi tersebut kesejahteraan petani sayuran diharapkan terus meningkat," tutup Afrizal.

 

 

Go to top