Minat Baca Masyarakat Pandeglang Rendah

Minat Baca Masyarakat Pandeglang Rendah

detakbanten.com PANDEGLANG - Dari Wikipedia bahasa Indonesia, Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisa dan menginterpretasi yang dilakukan pembaca untuk memperoleh pesan yang disampaikan penulisnya.

Beberapa manfaat dari membaca diantaranya, membantu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir, meningkatkan pengetahuan dan meningkatkan memori pemahaman, serta dengan membaca, seseorang dapat mengambil manfaat dari pengalaman orang lain, seperti mencontoh kearifan orang bijaksana.

 Kasi Pengelola Perpustakaan, pada Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (KPAD), Kabupaten Pandeglang, Siti Septiana Miratulisa, mengungkapkan secara umum minat baca masyarakat di Kabupaten Pandeglang masih rendah. Hal ini terlihat dari sepinya pengunjung yang datang ke ruang Perpustakaan yang dikelolanya.

Pantauan beberapa hari ini, ruang perpustakaan yang terletak dibelakang Bale budaya tersebut tidak pernah ramai dari pengunjung alias selalu sepi. Ketika ditanyakan, Siti Septiana memaparkan bahwa setiap harinya pengunjung yang datang berkisar antara 40- 60 orang.

"Kebanyakan pengunjung kita adalah pelajar, ya sekitar 80%, sisanya dari masyarakat umum," katanya kepada Detakbanten.com, Rabu (7/10/2015).

Selanjutnya kata dia, untuk meningkatkan minat baca masyarakat, KPAD pada bulan September lalu telah melakukan kegiatan berupa lomba mendongeng dalam bahasa Sunda tingkat SLTP. Sementara saat ini pihaknya mengaku sedang mempersiapkan lomba mewarnai gambar tingkat TK (Taman Kanak- kanak).

"Ini sedang kita persiapkan, acaranya kebetulan besok, Kamis (8/10)," katanya.

Dengan lomba yang digelarnya tersebut, pihaknya berharap agar masyarakat bisa lebih giat lagi untuk membaca.

Go to top