Warga Panimbang Gelar Tasyakuran Laut

Warga Panimbang Gelar Tasyakuran Laut

detakbanten.com PANDEGLANG - Ribuan Masyarakat Pandeglang antusias menyaksikan pagelaran rutin tahunan yaitu Tasyakuran Laut Panimbang 2018 yang bertemakan Nelayan Sejahtera Negara Kuat, yang digelar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kampung Panimbang, Desa Panimbang, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten, Rabu (26/9/18).

Acara yang dihadiri langsung oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita, Muspida, para OPD Pandeglang, tokoh masyarakat, budayawan, pelaku wisata dan juga masyarakat sekitar yang tumpah ruah kelokasi pelaksanaan kegiatan Tasyakuran Laut Panimbang 2018.

Bupati Pandeglang Irna Narulita yang membuka tasyakuran ini dalam sambutannya mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dengan digelarnya kegiatan Tasyakuran Laut Panimbang 2018 kali ini, pasalnya kegiatan ini dilakukan sebagai rasa syukur atas nikmat yang diberikan Tuhan kepada para nelayan yang ada di wilayah Panimbang, dengan menjaga kelestarian biota laut dan juga sebagai pelestarian budaya agar tidak tergerus oleh modernisasi, serta mengangkat nilai pariwisata yang ada wilayah Panimbang.

"Nelayan harus segera mendaftarkan semua kebutuhannya guna menunjang kegiatan penangkapan Ikan secara tradisional, serta perahu ataupun kapal yang dibutuhkan, lantaran terkait kebutuhan tersebut akan segera diintruksikan kepada Dinas Perikanan, agar segera dapat direalisasikan guna menunjang fasilitas menangkap ikan yang memadai dan bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat sekitar," ujar Irna.

Acara pagelaran ini juga dihadiri Dedi Gumelar (Miing) salah seorang budayawan mengatakan, pagelaran ini merupakan suatu momentum yang sangat berharga, yang harus terus dilestarikan oleh masyarakat pesisir yang ada di Indonesia, pasalnya hal ini berdampak positif terhadap perkembangan pariwisata, peningkatan perekonomian masyarakat dan juga pelestarian budaya.

"Kegiatan merupakan bentuk curahan rasa syukur terhadap hasil yang diraih, selain itu Saya siap memfasilitasi untuk kegiatan kedepannya nanti, yang penting masyarakat tetap solid," ujar Miing.

Rangkaian acara tersebut diisi dengan berbagai kegiatan pementasan seni budaya, seperti halnya pencak silat, debus dan lain sebagainya.

Go to top