WBP Rutan Rangkasbitung Sukses Lakukan Pemungutan Suara Di Pilkada Lebak

WBP Rutan Rangkasbitung Sukses Lakukan Pemungutan Suara Di Pilkada Lebak

Detakbanten.com  Lebak - Sebanyak 170 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II B Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten, memberikan hak pilihnya pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lebak, Rabu (27/06/18).

Agus Juansyah, salah seorang petugas tempat pemungutan suara Rutan Rangkasbitung mengatakan, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang telah memberikan hak pilihnya sebanyak 167 orang, hal ini terdiri dari 85 orang berasal dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 82 orang dari Daftar Pemilih Tambahan.

"Kemarin kendalanya WBP disini itu, DPT yang diumumkan tidak seluruhnya masuk dalam DPT, Hanya 85 orang warga binaan yang masuk didalam DPT, maka solusinya kami meminta kebijakan kepada KPU agar sisanya sebanyak 82 warga binaan yang tidak ada di DPT tersebut dapat melakukan pencoblosan, yaitu dengan cara diberikan surat keterangan atau dengan form model A5 KWK," ujarnya.

Selain itu hanya 45 orang WBP yang tidak dapat memberikan hak pilihnya, hal ini dikarenakan, mereka bukan warga Lebak dan ada dua orang anak-anak yang belum memiliki hak pilih.

Sementara Kepala Rutan kelas II B Rangkasbitung, Aliandra Harahap ketikan dikonfirmasi detakbanten.com mengatakan, total warga binaan yang berada di Rutan Rangkasbitung saat ini sebanyak 212 orang dan jumlah tersebut, 170 orang dapat menggunakan hak pilihnya, yaitu 163 pemilih Laki-laki dan 4 pemilih Perempuan.

"Sementara itu Warga Binaan sisanya merupakan warga luar Lebak dan dua orang lainnya masih kategori anak yang belum memenuhi syarat untuk memilih," paparnya

Lanjut Aliandra, meski ada WBP yang baru masuk Rutan kemarin, namun pihaknya tetap berupaya agar warga binaan tersebut tetap bisa menyalurkan hak pilih, bahkan hingga saat ini semua sudah terakomodir, pasalnya pihak rutan sudah berkomitmen dengan pihak KPU dalam mendata setiap keluar masuknya WBP agar tetap bisa menggunakan hak pilihnya.

Selain itu kegiatan pemungutan suara ini berjalan dengan lancar, hal ini berkat dukungan yang maksimal dari pihak Polres Lebak, Kodim 0603/Lebak dan juga kunjungan dari pihak KPU Kabupaten Lebak, Panwaslu Kabupaten Lebak yang telah memonitor proses Pilkada kali ini.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya pilkada yang digelar ditempat Kami, sehingga pemungutan suara ini bisa berjalan dengan aman dan lancar serta tingkat partisipasinya juga mencapai angka 100 persen," pungkasnya.

 

 

Go to top