Pihak Imigrasi Periksa Kelengkapan Administrasi 4 WNA Asal Turki

Ronny Sompie Ronny Sompie

detaktangsel.comJAKARTA - Kepala divisi hubungan masyarakat mabes polri, irjen pol Ronny Sompie mengatakan hari ini pihak keimigrasian tengah memastikan kewarganegaraan ke empat warga negara asing yang tertangkap oleh densus 88 di Parigi, Moutong.

"Memastikan 4 paspor asli. Dipastikan mereka warga negara mana. Setelah jelas jika WN Turki maka dikoordinasikan dengan kedubes Turki," ujarnya kepada wartawan di mabes polri, Selasa (16/9).

Menurutnya, pihak imigrasi akan mengecek apakah benar mereka orang Turki termasuk apakah paspor Yang digunakan apakah asli atau tidak. Selain itu, ia menuturkan tiga ahli bahasa Turki membantu tim penyidik densus untuk mencari tahu tentang identitas mereka, latar belakang mereka termasuk tujuan mereka ke Indonesia.

"Semua yang bisa digali menggunakan ahli bahasa ini. Sejak kemarin mereka wawancara," katanya.

Ronny mengatakan pemeriksaan dilakukan belum masuk dalam proses penyidikan. "Kita masih cari pidana apa yang bisa dikeluarkan. Jika paspor palsu, maka pemalsuan, lalu masuk secara ilegal," katanya.

Menyangkut keterlibatan imigrasi, ia mengatakan pihaknya terlalu banyak border yang berkaitan dengan air. "Mereka bisa naik kapal di tengah laut, naik kapal nelayan, dan nelayan bisa saja naik, curiga, dan ketika dibayar ya lumayan, lalu mereka lewat pelabuhan sungai," katanya.

Ia pun menuturkan pihaknya tengah membuktikan peran tiga warga negara Indonesia. "Mau ke tempat kos-kostan makanya kita ungkap lagi. Lalu kita gali. Dari fakta itu kita gali. Masih terus kita periksa," katanya.

Go to top