Balitbang Banten Hasilkan Penghargaan SIDa

Balitbang Banten Hasilkan Penghargaan SIDa

detakserang.com- JAKARTA, Dalam rangka peringatan hari kebangkitan teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-19 Menteri riset Teknologi memberikan Apresiasi kepada 3(tiga) Pemerintah daerah sebagai pemrakarsa. Pengutan sistem Inovasi Daerah (SIDa). Senin (11/8/14)

Tiga daerah yang mendapatkan pengharga SIDa antara lain Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten, dalam kesempatan ini penerimaan Penghargaan SIDa Provinsi Banten secara langsung di terima PLT Gubernur Banten.

Apresiasi iptek di berikan kepada provinsi Banten sebagai pemrakasa penguatan SIDa (Sistem Inovasi Daera) bidang peningkatan usaha pedesaan Menristek Prof.Dr Gusti Muhammad Hatta kepada PLT gubernur Banten, H Rano Karno Di Auditorium gedung II BPPT sebagai wujud pembinaan penyelenggara pemerintah daerah dalam bentuk Apresiasi atas prestasi pemerintah provinsi dalam memprakarsai pembangunan iptex di wilayahnya.

Sementara itu dalam Sambutan Menristek Prof.Dr Gusti Muhammad Hatta mengucapkan "Selamat pak Rano Karno, yang mewakili Provinsi DKI Jakarta, jawa barat juga. Saya bersyukur atas segala karya anak bangsa, untuk mengembangkan karya bangsa, namun sayangnya tidak bisa bersaing dengan pengembangan teknologi"

"Banyak produksi dari temuan anak bangsa yang di terapkan, salah satunya di TNI angkatan laut seperti radar, produksi masal alat kawin suntik sapi, hasil riset pepaya, setelah melakukan riset dan menggunakan nama yang berbau internasional, alhamdulilah penjualanya meningkat" tuntasnya.

Sementara itu PLT Gubernur Banten Rano Karno mengucapkan "bersyukur atas perhargaan ini, kan leading nya dari Balitbang. Karena itu kita bisa mendapatkan apresiasi inovasi desa. Konsen Banten kan memang disana, mungkin kedepan akan mulai melirik kelautan, agar meningkatkan jumlah dan hasil tangkapan nelayan".

"Dengan penghargaan tersebut kita akan fokus di daerah Pandeglang Lebak, karena disana memiliki potensi pertanian, karena hampir 60 persen di banten ada di sektor pertanian dan pedesaan adalah di Banten Selatan" tegasnya.

"Kerjasama lintas skpd, Lanjut Rano kedepan harus lebih di tingkatkan, sebagai penunjang fungsi litbang dalam pengembangan iptex, kita juga akan libatkan Universitas dalam hal ini"

Sementara itu terkait anggaran Rano Karno menambahkan, "Regulasi dan anggaran harus kita tingkatkan untuk pengembangan iptex di banten. Tapi ini kembali lagi ke pusat yang harus menunjang anggaran".

Go to top