PDI Perjuangan Resmi Capreskan Jokowi

PDI Perjuangan Resmi Capreskan Jokowi

detaktangsel.com- JAKARTA, Akhirnya teka-teki calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan terjawab sudah. Joko Widodo alias Jokowi, Gubernur DKI Jakarta, diusung menjadi calon RI oleh partai berlambang moncong putih tersebut.


PDI Perjuangan secara tidak langsung mendapat tekanan keras untuk mencapreskan Jokowi. Tekanan itu datang dari berbagai daerah yang menamakan Relawan Jokowi.

Entah ada tekanan atau berpikir cara rasional dalam kalkulasi politik, Jumat (14/3), Megawati Soekarnoputri mengeluarkan perintah harian. Perintah Ketua Umum DPP PDI Perjuangan itu menyebutkan Jokowi sebagai capres.

Adalah Ketua Bappilu PDI Perjuangan Puan Maharani membacakan perintah harian itu di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Tanpa basa-basi, Puan menegaskan, PDI Perjuangan mendukung Joko Widodo sebagai capres.

Menanggapi isi perintah harian itu, Jokowi pun menyambut positif. Ia siap melaksanakan perintah harian Megawati.

Ketika mendengar kabar baik itu, posisi Jokowi sedang ziarah ke makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur.

Untuk sementara nama Jokowi, berdasarkan hasil survei, mantan Walikota Solo, Jateng, ini menempati posisi teratas. Ia mengungguli capres Prabowo Subianto (Gerindra), Aburizal Bakrie (Golkar), dan Wiranto (Hanura).

Kabar resmi ini tidak hanya melegakan Jokowi secara pribadi. Bahkan, kubu Relawan Jokowi menyambut antusias. Menurut rencana, mereka akan berkumpul di Bunderan HI, Jakarta, malam ini. Tujuannya untuk mengucap syukur atas penunjukkan Jokowi sebagai capres oleh PDI Perjuangan. Selain itu, momentum ini dijadikan ajang konsolidasi. (red)

Go to top