DPRD Bangka Barat Belajar Kelola Wisata Dari Depok

DPRD Bangka Barat Belajar Kelola Wisata Dari Depok

detakdepok.com– MARGONDA, Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata, Seni, dan Budaya (Disporaparsenbud) terima kunjungan kerja (kunker) DPRD Kabupaten Bangka Barat terkait pengelolaan pariwisata perkotaan. Pertemuan itu berlangsung di Gedung Dibaleka II Lantai 9, Selasa (25/3).

Kehadiran Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bangka Barat Samsir beserta Wakil Komisi III Iwansyah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pariwisata dan budaya yang diterapkan di Depok.

"Kabupaten Bangka Barat masih sangat rendah dalam mengelola pariwisata. Selain itu, sumber daya alam (SDA) sudah banyak dijamah masyarakat ataupun pendatang," ujar Samsir.

Ia menyadari sebetulnya Bangka Barat punya potensi yang baik untuk pariwisata asalkan dikelola dengan baik, benar, dan terpantau. Kunjungan ini merupakan bagian komitmen untuk menggali potensi – potensi tersebut dan memajukan pariwisata di Bangka Barat.

Sementara Kepala Disporaparsenbud Kota Depok Misbahul Munir mengatakan, menggali potensi pariwisata merupakan hal penting. Karena pariwisata adalah aset yang dimiliki pemerintah guna menarik wisatawan untuk datang. Bahkan, pariwisata juga dapat memberdayakan masyarakat lokal.

"Dengan pariwisata, orang dapat dengan mudah mengingat Kota Depok. Untuk Depok sendiri kita sudah membentuk tim sadar wisata untuk membantu pemerintah dalam rangka mewujudkan sapta pesona pariwisata Depok. Di antaranya aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan. Dari situ juga kita juga sudah memberdayakan masyarakat lokal" tutur Munir.

Dengan bangga, Munir menambahkan, Depok kini memiliki pakaian adat, pakaian pengantin hingga beberapa kesenian maupun tarian hasil kreasi masyarakat. Dengan adanya kunjungan seperti ini diharapkan Pemerintah Kota Bangka Barat mendapat masukan yang berarti dan nantinya akan diterapkan di wilayah tersebut. (Ham)

Go to top