Tuna Netra Punya Pendamping Untuk Nyoblos

Tuna Netra Punya Pendamping Untuk Nyoblos Tuna Netra Punya Pendamping Untuk Nyoblos

detakdepok.com- Pancoran Mas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok menyediakan sarana pendamping dan surat suara dengan huruf braile untuk pemilih tuna netra. Hal ini telah disosialisasikan KPU Depok pada Jumat (21/2). Template braile ini hanya ada di surat suara pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).


Anggota KPU Depok Nana Shobarna menjelaskan, pihaknya menyediakan pendamping bagi calon pemilih tuna netra di setiap tempat pemilihan suara (TPS).


"Surat suara dengan template braile hanya untuk Pemilu DPD. Selanjutnya akan disediakan pendamping untuk pemilih tuna netra," jelasnya, Kamis (27/2).


Adanya pendamping ditengarai akan mengganggu kerahasiaan dan menimbulkan kecurigaan untuk mengarahkan menyoblos caleg tertentu. Menanggapi hal ini, Nana menjelaskan, adanya petugas yang mengawasi pendamping di setiap TPS. Untuk itu, pihaknya menempatkan petugas agar tidak ada intervensi dan intimidasi pada si pemilih.


Dengan adanya fasilitas ini, ia mengatakan, pemilih tuna netra di Depok dapat memberikan suaranya untuk Pemilu 2014. (dan)

Go to top