Print this page

TNI AL Anugerahkan Warga Kehormatan

TNI AL Anugerahkan Warga Kehormatan

detakserang.com - CILEGON,Menteri di jajaran Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II di detik-detik akhir masa jabatannya mendapatkan penganugerahan warga kehormatan dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL). Sabtu (6/9/14)

"Diberikan hanya kepada Panglima Armada, Panglima TNI, Kapolri dan para menteri," kata Laksamana TNI Marsetio, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) di Pelabuhan Peti Kemas Indah Kiyat, Merak, Kota Cilegon.

Pemberian warga kehormatan ini dilakukan dengan penyematan berevet Hiu Kencana kepada tiga menteri di Kabinet Indonesia Bersatu jilid II, yaitu kepada Mari Elka Pangestu (Kemenparekraf), Armida Salsiah Alisjahbana (kepala bappenas), dan Chaerul Tanjung (menko perekonomian) yang datang menggunakan dua hellikopter TNI-AL.

Berevet Hiu Kencana mempunyai arti pengakuan terhada profesionalisme prajurit kapal selam dalam taktik dan teknik peperangan bawah laut.

Penyematan sendiri dilakukan di 13 meter kedalaman laut selat sunda yang di dahului dengan upacara bendera di dalam kapal selam yang disematkan oleh Kasal TNI Marsetio.

"Ini lebih dalam dari sebelumnya yang hanya 30 meter," lanjutnya.

Selain upacara bendera dan penyematan brevet Hiu Kencana, ketiga menteri ini pun ikut mengoperasikan bagaimana cara nya kapal selam beroperasi di bawah laut dan ikut serta merasakan simulasi peperangan di bawah laut selat sunda.

Sebanyak 135 pejabat negara telah mendapatkan gelar warga kehormatan dari TNI-AL. Penganugerahan ini diberikan karena mereka di anggap telah berjasa, memberikan perhatian, dan perjuangannya maupun pengorbanan bagi kejayaan TNI-AL, terutama kemajuan dan pengembangan kapal selam sebagai salah satu Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista).