Jelang Lebaran, Nahkoda Diberi Bekal Taat Aturan Berlalu Lintas

Jelang Lebaran, Nahkoda Diberi Bekal Taat Aturan Berlalu Lintas

detakserang.com- CILEGON, Puluhan Nahkoda yang biasa melayani angkutan Penyeberangan Merak Bakuheni mendapatkan pembekalan dari Direktur Jenderal Perhubungan Laut tentang membangun kesadaran dan kewaspadaan berlalu lintas di Selat Dunda menuju Zero Acciden, di Ruang Meeting Venue, Hotel Grand Royale Krakatau Cilegon, Kamis (5/6).

Pantauan Detakserang.com pada pembekalan tersebut hadir Bobby Mamahit, Dirjen Hubla Kemenhub RI Harto Nugroho, Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Keselamatan Kementrian Perhubungan RI sebagai Pemateri sosialisasi.

Adam, Ketua Panitia Pelaksana pembekalan terhadap nahkoda yang juga Sekjen DPC Gapasdap Merak mengatakan bahwa pembekalan ini dilakukan dalam rangka persiapan jelang angkutan arus mudik lebaran. Adam menambahkan bahwa kegiatan tersebut digelar dalam rangka mengantisipasi insiden yang terjadi di Selat Sunda terutama bagi para nahkoda -nahkoda Kapal di Perlintasan Merak - Bakaeuheni.

"Jadi tujuanya tak lain hanya untuk menghidari kejadian di Selat Sunda atau Zero Accident, yang beberapa kejadian sudah terjadi agar tidak terjadi lagi," Ungkapnya

Adam Mengatakan, selain mendapatkan pembekalan dari Dirjen Hubla, para nahkoda juga diberikan pembekalan terkait keselamatan Pelayaran jika terjadi insiden di kapal saat berlayar atau di tengah laut.

"Jadi ini para nahkoda juga diberikan penjelasan tentang keselamatan, meskipun para nahkoda sudah mengetahui, Namun hanya sekerdar mengingatkan hal-hal yang akan dilakukan ketika insiden atau kecelakaan kapal terjadi," Tandasnya.

Ditempat yang sama, Dirjen Hubla Bobby Mamahit dalam sambutannya mengatakan, salah satu hal yang terpenting harus diantisipasi para nahkoda yakni tentang bagaimana mengambil suatu tindakan dan langkah yang dilakukan dalam mengatisipasi kecelakaan laut.

"Jadi ketika terjadi insiden, kru kapal harus tahu yang di lakukan jangan bengong dan menyelamatkan diri sendiri, utamakan keselamatan penumpang, karena nasib kapal ada di tangan nahkoda dan kru kapal," ungkapnya.

Sementara itu hingga saat ini pemeparan dan pembekalan masih berlangsung, pada kesempatan tersebut, hadir Kepala KSOP Banten Nafri, GM ASDP Merak Suprianto, Kepala Gapasdap Merak, Togar Napitupulu, para nahkoda dan semua Kepala Cabang Perusahaan Pelayaran di Merak.

Go to top