Ada Kapal Baru Di Pelabuhan Merak

Ada Kapal Baru Di Pelabuhan Merak

detakserang.com- CILEGON, Perlintasan penyeberangan Merak - Bakauheni merupakan lintasan transportasi laut terpadat di Indonesia kembali akan dilengkapi dengan kehadiran sebuah kapal baru. Menurut informasi yang disampaikan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, satu unit k KMP Salvatore milik PT Surya Timur Line (STL), tengah dipersiapkan untuk melayani transportasi penumpang di Lintasan Merak - Bakauheni.

"Saat ini KMP Saltore sedang melakukan uji sandar di Dermaga Tiga, Pelabuhan Merak. Dari situ baru nanti mendapatkan izin operasionalnya di lintasan penyeberangan Merak Bakuheni," Terang Mario S Oetomo, Humas Manajer PT ASDP Ferry Cang Merak yang diwawancarai di sela-sela kegiatan di Pelabuhan Merak, Rabu (7/3).

Mario menambahkan bahwa beroperasinya kapal tersebut di lintasan Merak - Bakauheni, harus memenuhi beberapa hal yang harus di ikuti. Namun secara detil, pihaknya tak dapat menjelaskan sejauhmana kapal tersebut dapat beroperasi karena pemberian izin operasi berada pada kewenangan instansi lainnya, baik lewat KSOP Banten dan Otoritas Pelayanan dan Pelabuhan (OPP) Merak.

"Saya tidak tahu masalah perizinan. Lebih jelasnya coba tanyakan ke OPP dan KSOP," Terang Mario.

Di tempat terpisah Endi Prasetio, Kepala OPP Merak saat dihubungi melalui telepon mengatakan bahwa kapal tersebut saat ini tengah menjalani uji sandar untuk mendapatkan ijin operasi,

"Jadi kalau dia lolos uji sandar dalam waktu dekat izin operasionalnya akan keluar," terangnya.

Adapun Thomas Chandra, Kabid Syahbandar Kantor KSOP Banten mengatakan bahwa semua dokumen kapal tersebut sudah mengikuti prosedur yang ditetapkan. Bahkan, pihaknya telah mengecek langsung kedalam kapal salah satunya unsur peralatan keselamatan yang dimiliki kapal tersebut.

"Beberapa hal yang kita periksa, melakukan pemeriksaan sertifikat, pengawakan kapal, unsur pendukung keselamatan kapal, dan yang lainnya setelah semua lengkap baru bisa operasi," pungkasnya.

Go to top