Persib Didenda, Bobotoh Galang Dana Kumpulkan Koin

Persib Didenda, Bobotoh Galang Dana Kumpulkan Koin

detakserang.com- CILEGON, Pendukung Persib, Para Bobotoh Yang berasal dari Kota Cilegon melakukan aksi kumpul koin tepat di Simpang Tiga, Kota Cilegon, Minggu (28/4). Penggalangan dana Suporter macan maung ini dilakukan sebagai bentuk kekecewaan atas keputusan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI yang mendenda Persib Bandung paska pertandingan tandang Persib melawan Gresik United.

"Saat persib melawan Gresik United minggu lalu, kami tidak merasa ada larangan untuk tidak mendukung tim sepakbola kami, makanya setelah mendegar adanya denda yang ditetapkan Komdis, kami sangat kecewa karena pada saat Pertandingan sebelumnya melawan Persija, tidak ada surat resmi bentuk hukuman kepada kita bobotoh" Ungkap Muhyidin Wiro, Panglima Viking Bobotoh Banten yang diwawancarai ditengah aksi penggalangan koin, Senin (28/4).

Paska penetapan denda 10 juta oleh Komdis PSSI kepada Persib, Muhyidin menyatakan bahwa Persib tak perlu repot-repot menggocek kantor mereka, karena pihaknya yakin mampu membayar denda tersebut dari partisipasi para bobotoh yang ada di Kota Cilegon.

"Persib tidak usah bayar denda itu, kita seluruh bobotoh yang tanggung untuk bayar itu semua. Kita akan tanggung denda yang dikenakan ke persib" Terangnya.

Muhyidin mengatakan bahwa Saat ini, Para suporter maung Bandung ini telah mengumpulkan koin mencapai kurang lebih 2 juta rupiah dalam kurun waktu 1 minggu. Bukan hanya paritisipasi dari para muda mudi bobotoh, namun para pengusaha dan pejabat yang ada di Kota Cilegon mendukung aksi tersebut untuk mengangkat Tim yang didukungnya dari keterpurukan hukuman yang dilayangkan Komdis PSSI.

"Saat ini sudah terkumpul 1,3 juta rupiah, itu bukan dari anak-anak saja, tapi para pengusaha, para pejabat juga mendukung aksi yang kita gelar ini, itu semua untuk meringankan beban Tim Sepakbola yang kami dukung" Jelasnya.

Dihubungi terpisah, Empit Supriatna, Ketua Viking Cilegon juga menyatakan hal yang sama. Dirinya menyayangkan keputusan yang ditetapkan komdis PSSI karena telah menjatuhkan hukuman kepada para bobotoh atas larangan menyaksikan tim yang didukung mereka.

"Kita selalu berkoordinasi dengan pengurus bobotoh pusat, dan saat pertandingan Gresik United melawan Persib, kami datang kesana, tapi tidak ada surat pemberitahuan dari PSSI ke Persib, yang diteruskan ke kami, tiba-tiba ada hukuman denda, kita sayangkan keputusan itu" Tandasnya.

Saat ditanya mengenai perilaku bobotoh yang kerap melanggar aturan PSSI, Empit membantah bahwa tidak semua Bobotoh di Indonesia berperilaku negatif. Empit mengatakan bahwa banyak dari para bobotoh juga melakukan aksi kegiatan yang positif untuk menunjukan bahwa pernyataan miring tersebut tidaklah selalu benar.

"Itu semua, tergantung bagaimana kita memandangnya, di Kota Cilegon sendiri banyak kegiatan positif yang kita lakukan seperti santunin anak yatim, bakti sosial, dan kegiatan lainnya. Kalau ada yang negatif, yang pasti bobotoh kita tindak tegas" Pungkasnya

Go to top