Arus Balik Liburan Di Merak Mengalir

Arus Balik Liburan Di Merak Mengalir

detakserang.com- CILEGON, Arus balik penumpang liburan akhir pekan mulai 18 - 20 april 2014, tepat pada Hari Raya Paskah mulai tampak terlihat di Pelabuhan Merak PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak. Pantauan detakserang.com, Minggu (20/4), arus balik liburan penumpang sudah mulai mengalir. Di mana tampak penumpang pejalan kaki dan penumpang kendaraan sudah mulai kembali dari arah Pelabuhan Bakeuheni ke Pelabuhan Merak usai Libur akhir pekan.

Nana Sutisna, Mananger Usaha Pelabuhan Merak PT ASDP saat di hubungi melalui telepon genggam mengatakan, arus balik liburan sudah mulai terlihat dan mengalir dari pada hari ini. Volume kendaraan dan penumpang pejalan kaki akan terus meningkat. Puncaknya diprediksi terjadi, kemarin (Minggu (20/4), malam.

"Arus balik liburan sudah mulai terjadi siang ini, dan akan terus meningkat hingga sore hari, arus balik ini puncaknya pada malam hari akan terjadi dikarenakan pada besok hari aktivitas perkantoran sudah berjalan seperti biasa," tandasnya.

Dengan kondisi demikian, lanjut Nana, pihak ASDP selalu berkoordinasi dengan Otoritas Pelayanan Pelabuhan (OPP), Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP), dan BMKG memperkirakan cuaca, agar pelayanan arus balik liburan dapat berjalan lancar dan tidak terjadi antrean atau kemacetan.

"Kita selalu berkoordinasi untuk mempercepat pelayanan, baik bongkar muat kapal, kapal yang dioperasikan dan dermaga yang dioperasikan agar tidak ada gangguan," tuturnya.

Untuk saat ini, masih kata Nana, ASDP mengoperasikan semua dermaga yaitu lima dermaga, dengan mengoperasikan 28 kapal ferry, dari 37 kapal yang siap operasi untuk melayani penumpang di Pelabuhan Merak.

"Jadi saat ini kapal yang beroperasi semuanya daya akngkut besar, dan kita menjamin tidak terjadi antrean kendaraan yang mencapai keluar pelabuhan, dan meskipun terjadi kepadatan oleh truk ekspedisi akan tetapi hanya di dermaga dan siap muat, karena pada liburan ini kita mendahulukan mobil pribadi dan bus ketimbang truk, kecuali truk sembako," pungkasnya

Go to top