Hari Terakhir UN, Soal Tema Jokowi Masih Beredar

Hari Terakhir UN, Soal Tema Jokowi Masih Beredar

detakserang.com- CILEGON, Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tingkat SMA, MA, dan SMK berakhir hari ini, Rabu (16/4). Namun, masih tersirat soal yang terindikasi temuan bermuatan Politik.

Tidak disangka, mata pelajaran Bahasa Inggris yang dijadwalkan sebagai bahan ujian pada jam pertama, juga terdapat materi dan soal yang menyertakan sosok Jokowi, Gubernur DKI. Saat ini Jokowi menjadi calon presiden usungan PDI Perjuangan.

"Narasi topik untuk soal di Bahasa Inggris itu 'Ragunan Zoo: not yet a wolrd class atraction'. Tapi di dalamnya berisi tentang rencana Joko Widodo memberikan bantuan pembangunan Kebon Safari Ragunan sebesar Rp500 miliar," ujar Fitriah, Guru Bahasa Inggris yang menerjemahkan soal tersebut kepada media.

Fitri juga tak membayangkan bila di soal nomor 22 itu menyebutkan pertanyaan yang mengarah ke Jokowi.

"Ada makna kata 'disburse' yang artinya membiayai atau mengeluarkan. Tapi siapa yang mengeluarkan, pertanyaannya sudah jelas 'Governor Jokowi', Gubernur DKI Joko Widodo," tandasnya.

Fitri menjelaskan, semestinya soal demikan tidaklah dibuat untuk soal yang materi ujian. Karena, hal ini dapat dinilai tidak baik. Bahkan ada kesan untuk memengaruhi para siswa mengenal sosok yang sedang dicalonkan sebagai presiden dari salah satu partai yang ada di Indonesia.

"Siswa-siswi kan sudah punya cerita tidak baik jadinya. Kenapa sosok itu lagi yang muncul karena sebelumnya ada juga di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Semestinya tim pembuat tidak membuat soal seperti itu, karena ini kan ranah pendidikan. Soal yang diujiankan tentu bisa dibuat bersifat independen," tuturnya.

Selain mata pelajaran Bahasa Inggris yang tengah diujiankan, Fitri menjelaskan, hari ini juga diujiankan soal mata pelajaran lain yang berbeda sebagai bagian penutup UN.

"Setelah Bahasa Inggris pada jam pertama, jadwal ujian kedua ada mata pelajaran Fisika untuk jurusan IPA. Mata pelajaran ekonomi untuk IPS dan mata pelajaran Tafsir terakhirnya," pungkasnya

Go to top