2 Balita Terjangkit Gatal-Gatal, di Duga Akibat Debu Besi PT. KS Posco

2 Balita Terjangkit Gatal-Gatal, di Duga Akibat Debu Besi PT. KS Posco

detakserang.com - CILEGON, Beberapa hari ini banyak warga Ciwandan Kota Cilegon terkena penyakit kulit seperti bintik merah dan gatal, penyakit tersebut di duga di sebabkan oleh debu besi PT.KS Posco.

Dan penyakit kulit ini telah menyerang 2 balita, kedua balita ini bernama Azzahran (13 bukan) dan Kayla Renata (15 bulan).

Relawan Unit Pelayanan Yayasan Sayap Ibu, Puji Rahayu mengatakan, temuan 2 balita yang mengalamai penyakit kulit gatal-gatal yang dialami 2 balita tersebut ditemukan pada sepekan terakhir.

"Pada saat saya cek langsung, tubuh para balita terdapat bercak merah di seluruh kulitnya. Mereka juga mengalami ISPA dan batuk-batuk," kata Puji.

Sementara ibu dari balita yang terkena penyakit kulit tersebut mengatakan bahwa kalau memang benar penyakit yang menjangkiti anak mereka disebabkan debu PT Krakatau Posco (KP), seharusnya pihak PT KP memberikan kompensasi kesehatan bagi warga sekitar berupa biaya pengobatan atau pelayanan kesehatan gratis dari perusahaan tersebut.

"Sebelum adanya debu besi, anak saya tidak apa-apa. Tapi sejak adanya debu malah keluar bercak merah dan batuk-batuk yang cukup lama. Kejadian ini juga bukan dialami anak saya saja, tapi banyak orang yang mengalami penyakit gatal seperti ini," kata Ibu balita Azzahra.

Diketahui sebelumnya, Kordinator Bidang Pengobatas Puskesmas Ciwandan dr. Isnawati mengatakan pihaknya belum memastikan penyebab gatal-gatal berasal dari polusi debu besi. Isna mengaku pihaknya tengah mengkaji partikel debu besi dilabotarium.

"Menurut informasi debu besi bisa menyebabkan gatal. Sementara ini kita sudah ambil sempel dan sedang diteliti di labotarium," kata Isna.

Go to top