Libur Panjang Nyepi, Diprediksi Penumpang Naik 50 Persen

Libur Panjang Nyepi, Diprediksi Penumpang Naik 50 Persen

detakserang.com- CILEGON, Diperkirakan arus penumpang baik penumpang pejalan kaki maupun penumpang kendaraan di Pelabuhan Merak akan meningkat hingga 50% pada masa liburan panjang Nyepi, Sabtu - Minggu (29-30/3).

Dari data yang dilangsir PT ASDP Ferry Cabang Merak, kendaraan roda empat pada hari biasanya sebanyak 1700 unit. Diprediksi akan meningkat mencapai 2500 unit nanti.

Sementara itu, kendaraan bermotor diperkirakan naik dari 700 unit per hari, menjadi 1000 unit. Penumpang pejalan kaki semula 4500 orang naik menjadi 6000 orang.

"Jadi liburan nanti kita prediksikan akan meningkat hingga 50 persen," ungkap Mario S Utomo, Jumat (28/3).

Mario menjelaskan, puncak arus kendaraan dan penumpang diperkirakan akan terjadi pada Sabtu (29/3). Bekoordinasi dengan otoritas Pelabuhan dan Penyeberangan (OPP) Merak, PT ASDP Ferry Merak akan mengoperasikan 28 kapal.

"Kapal yang kita operasikan 28 kapal dan 5 kapal cadangan untuk antisipasi libur panjang hari Nyepi ini," tuturnya.

Meski hanya empat dermaga yang beroperasi, kata Mario, pihaknya menjamin tidak akan terjadi antrean truk di Pelabuhan Merak. Karena pihaknya sudah mengatur strategi dengan melakukan bongkar muat dan jadwal sandar kapal dipercepat.

"Dermaga yang beroperasi hanya empat dermaga. Karena dermaga lima masih pengerjaan perbaikan, saya optimis tidak ngatre. Kalau jadwal bongkar muat satu jam kita percepat menjadi 45 menit," pungkasnya. (BTK)

Go to top