Brigjen Ikin : Danlanal Banten Harus Jaga Netralitas TNI AL

Brigjen Ikin : Danlanal Banten Harus Jaga Netralitas TNI AL

detakserang.com– CILEGON, Kancah pertarungan politik dalam pemilihan umum 2014 menjadi catatan penting seorang pimpinan dalam menyatakan sikap tegas dan mengedepankan netralitas. Seorang pimpinan diminta jangan terlibat bahkan tidak turut serta menjadi bagian dalam pesta demokrasi yang akan digulirkan 2014 mendatang.

Demikian disampaikan Brigadir Jenderal TNI (Mar) Ikin Sodikin, Komandan Lantamal III Jakarta saat ditemui awak media usai memimpin upacara serah terima jabatan Danlanal Banten di Pelabuhan Indah Kiat, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Kamis (27/3).

"Untuk lebih utama menghadapi pemilu, 9 April, saya kira sudah ada penekanan dari Panglima TNI bahwa seluruh anggota TNI, termasuk Angkatan Laut harus menjaga netralitas, dan membantu pengamanan pemilu bersama kepolisian," katanya.

Untuk membantu peyelenggaraan pemilu yang lancar, ia mengatakan, Pankalan Lanal Banten dapat bekoordinasi dengan pihak lain. Pihaknya memerintahkan Lanal Banten untuk membantu juga percepatan pendistribusian Logisitik pemilu khususnya ke pulau-pulau terpencil di Provinsi Banten.

Dantamal berpesan agar kepemimpinan Komandan Pangkalan TNI AL yang baru ini yang dipimpin Kolonel Laut (P) Judijanto menggantikan Kolonel Laut (P) Eko Yuri Andriantoro dapat melanjutkan dan meningkatkan kinerja Lanal Banten kedepannya khusunya pengamanan di perairan Banten.

"Saya harapkan dengan ada Komandan Lanal Banten yang baru ini dapat melanjutkan tugas dengan baik, menjalankan fungsi pembinaan patroli terbatas di perairan, serta menegakkan hukum kemaritiman laut di perairan Banten," tuturnya.

Sementara itu, Danlanal Banten yang baru, Kolonel Laut (P) Judijanto mengatakan pihaknya akan melanjutkan program yang telah dibangun Danlanal Banten yang Lama ke arah yang lebih baik.

"Buat saya, ini menjadi suatu hal yang menantang menjabat sebgaia komandan baru di Lanal Banten. Semenjak saya diperintahkan memimpin, pembangunan kemaritiman di Banten harus dilakukan beberapa hal. semuanya tidak dapat terlaksana tanpa ada kerja sana dan keterlibatan dari isntansi atau stakholder lain, baik kepolisian, KKP, beacukai dan pemerintah daerah untuk menunjuang kemajuan di bidan maritim," tandas Danlanal. (BTK)

Go to top