Kapal Di Merak Mulai Diperiksa Untuk Angkutan Lebaran

Kapal Di Merak Mulai Diperiksa Untuk Angkutan Lebaran

detakserang.com  - CILEGON, Meskipun Hari Raya Idul Fitri masih terhitung lama lebih kurang lima bulan lagi, pihak Otoritas Pelabuhan baik PT. ASDP Ferry Cabang Utama Merak, Otoritas Pelayanan Pelabuhan (OPP) Merak dan Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banten, menggelar rapat evaluasi terhadap kapal Ferry yang biasa melayani Penyeberangan Merak-Bakauheni.

Hal ini disampaikan Endi Prasetio, Kepala Otoritas Penyeberangan dan Pelabuhan Merak saat dijumpai awak media usai rapat, Rabu (19/3).

"Hari ini kita gelar rapat tertutup dengan ASDP dan KSOP dalam rangka persiapan untuk angkutan lebaran nanti. Adapun agenda dalam rapat membahas jadwal maintenance kapal, baik perawatan dan docking untuk kapal-kapal yang beroperasi di Pelabuhan Merak," ujarnya.

Endi mengatakan, walaupun Persiapan Lebaran masih tergolong untuk beberapa bulan kedepan (pada bulan Juli mendatang), namun pihaknya menjadikan rapat ini menjadi agenda awal persiapan supaya kendala-kendala yang terjadi di Pelabuhan Merak tidak terjadi nanti.

"Ini baru awal persiapan, dalam arti, bila sudah dilakukan jauh-jauh hari, tidak ada yang namanya antre, penumpang terlantar dan masalah-masalah lain," ungkapnya.

Masih kata Endi, dari hasil rapat persiapan tersebut, data sementara untuk kapal yang siap menjadi angkutan lebaran hanya 37 kapal dari 43 armada kapal yang ada. Ia mengatakan dari hasil evaluasi, ada beberapa kapal yang juga tidak turut masuk menjadi angkutan Lebaran mendatang.

"Untuk KMP BSP sudah dipastikan tidak ikut untuk angkutan lebaran, sedangkan dua kapal lainya masih rusak, dan yang lainnya sedang dalam masa docking," lanjutnya.

Sementara itu, Nana Sutisna, Mananger Usaha PT ASDP Cabang Utama Merak juga membenarkan bahwa persiapan angkutan lebaran sudah dimulai dari jauh-jauh bulan sebelumnya, meskipun masih terhitung lima (5) bulan mendatang.

"Memang masih lama, tapi dari sekarang kami sudah musti (harus) lakukan persiapan-persiapan, mulai dari kesiapan kapal hingga persiapan Pelabuhan, agar tidak terjadi kendala saat angkutan lebaran nanti." pungkasnya. (BTK)