Puluhan Kotak Suara Terendam Banjir

Puluhan Kotak Suara Terendam Banjir

detakbanten.com Cilegon - Akibat hujan deras yang melanda Kota Cilegon, sebuah gudang logistik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Kamis (3/12/2020) dini hari diterjang banjir. Akibatnya puluhan kotak suara untuk keperluan Pilkada terendam.

Anggota PPK Kecamatan Jombang, Ajat Sudrajat mengatakan, sebanyak 25 kotak suara tersebut kondisinya rusak setelah kebanjiran akibat hujan deras.

“Iyah tadi kejadianya jam 23.00 WIB. Kotak suara disimpan di Seketariat PPK. Tapi, kondisi seketariat banjr membuat kotak suara pun ikut kebanjiran. Adalah 25 kotak suara yang rusak,” kata Ajat terkonfirmasi, Kamis (3/12/2020).

Lebih lanjut Ajat mengatakan saat ini total yang masih bisa digunakan sebanyak 100 kotak suara. Saat ini, pihaknya masih menunggu hujan reda untuk memindahkan kotak suara yang masih aman.

“Yang rusak itu ada di bagian bawah karena ditumpuk-tumpuk. Yang masih aman dan masih bisa digunakan sekitar 100 kotak suara lagi. Rencana, setelah hujan reda kita cari tempat yang aman untuk menyimpan kotak suara yang masig bisa digunakan,” pungkasnya.

Sementara itu, KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Cilegon sebagai penyelenggara pilkada Kota Cilegon pada 9 Desember mendatang, telah mengambil langkah antisipasi jika terjadi cuaca buruk saat pemungutan suara. 

Komisioner KPU Cilegon, Faturahman mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi terkait cuaca buruk. 

"Terkait dengan cuaca, itu sudah kita siapkan, ya, itu sudah kita rapatkan dengan semua jajaran termasuk dengan teman-teman di tingkat kecamatan," katanya, Kamis (3/12/2020).

Persiapan antisipasi yang dilakukan KPU salah satunya dengan membungkus kotak suara.

"Salah satunya misalkan Kotak suara dibungkus dengan plastik," imbuhnya.

Seperti diketahui, banjir yang terjadi pada dini hari tadi mengakibatkan beberapa kotak suara terendam banjir yang berada di Gudang logistik berlokasi di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Jombang.

Ia juga mengatakan, terkait dengan beberapa kota suara yang terendam banjir di Kantor PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Kecamatan Jombang tersebut sudah diganti.

"Semalam, kan ada air lewat (Akibat hujan deras) jadi ada beberapa kota suara yang terendam air. Dan itu cadangannya sudah ada," jelasnya. 

Ia berharap, dengan adanya antisipasi tersebut semoga tidak akan mempengaruhi proses pemungutan suara.

"Antisipasinya semua telah kita siapkan, selain kotak suara dibungkus plastik, kita juga akan menyiapkan palet supaya kotak suara itu jadi lebih tinggi dan lain-lain. Dengan langkah-langkah yang sudah kami siapkan ini, saya pikir tidak akan memperlambat proses pemungutan suara," tutupnya. (man)

 

 

Go to top