Mahasiswa Hukum Minta Peran Aktif Masyarakat di Pilkada

Mahasiswa Hukum Minta Peran Aktif Masyarakat di Pilkada

detakbanten.com Cilegon — Pemilihan Kepala Daearah (Pilkada) serentak tinggal menghitung hari. Untuk itu, Himpunan Mahasiswa Hukum (Himakum) Universitas Bina Bangsa (UNIBA) mengajak masyarakat turut melakukan pengawasan partisipatif pada kontestasi Pilkada serentak yang ada di Provinsi Banten. Hal itu, bertujuan agar kontestasi Pilkada dapat menghasilkan demokrasi yang sehat.

Ketua Himakum UNIBA Bobby Rosario Simarmata menjelaskan bahwa Pasal 1 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD 1945) hasil amandemen ketiga, bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar. Manifestasi dari pelaksanaan kedaulatan rakyat di Indonesia yakni melalui Pemilihan Umum atau Pemilihan Kepala Daerah.

Oleh karen itu kata Bobby, dalam Pilkada kali ini masyarakat di daerah masing-masing harus mampu menjaga hak-hak suaranya serta mengawal proses Pilkada berjalan dengan jujur dan adil.

"Sebagai warga negara, kita harus  menyampaikan hak politik kita sesuai hati nurani tanpa ada pengaruh dari  pihak-pihak lain yang hanya mementingkan kelompoknya sendiri," kata Bobby usai rapat proker Himakum di salah satu rumah makan, Kamis (5/11/2020).

Selain itu, masyarakat harus berani melapor jika melihat hal-hal yang dapat merusak kualitas demokrasi seperti money politik dan yang lainnya.

"Kita sebagai mahasiswa dan masyarakat menjadi garda terdepan dalam mengawal demokrasi, atau kita rela demokrasi menjadi mati suri jika kita tak peduli," tuturnya.

Masih kata Bobby, Himakum dalam waktu dekat akan melakukan audiensi dengan Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten Serang dengan tujuan mendorong netralitas dan integritasnya sebagai salah satu lembaga pengawas pada pesta demokrasi mendatang,

bawaslu juga turut bertanggung jawab atas terciptanya proses demokrasi yang jujur, adil dan berkualitas.

Perlu diketahui Pilkada tahun 2020 ini, terdapat 4 daerah yang turut melaksanakan pilkada serentak di Banten, yakni Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon dan Kota Tangerang Selatan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Cilegon Siswandi meminta kepada masyarakat untuk ikut terlibat langsung baik pengawasan maupun yang lainnya.

“Masyarakat harus terlibat dalam pengawasan partisipasi ini,” ujarnya.

Siswandi berharap masyarakat ikut serta mengkampanyekan Pilkada yang bermartabat, berkeadilan dan juga Pilkada yang bersih dan aman.

“Ayo kita sama-sama mengawasi jalannya pilkada, semoga dengan peran aktif masyarakat bisa meningkatkan pilkada yang berkualitas,” tandasnya. (man)

Go to top