Mahasiswa Cilegon Ajak Aktualisasikan Nilai Sumpah Pemuda

Mahasiswa Cilegon Ajak Aktualisasikan Nilai Sumpah Pemuda

detakbanten.com Cilegon - Peringati Hari Sumpah Pemuda, Forum Mahasiswa Cilegon Menggelar seminar online bertemakan Mengaktualisasi Nilai-Nilai Sumpah Pemuda 1928 Dalam Mengisi Kemerdekaan Indonesia di Masa Pandemi dan Pasca Pandemi, Rabu (28/10/2020) malam.

Forum Mahasiswa Cilegon terdiri dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Cilegon, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Cilegon, Satuan Pemuda Pancasila (Sapma PP) Kota Cilegon, Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK), Ikatan Mahasiswa Cilegon (IMC) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIE AL-Khairiyah.

Hadir sebagai Keynot Speak Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono dan narasumber Ketua Presidium GMNI 2015-2017 sekaligus Sekjend DPP PGK Chrisman Damanik.

Ketua Pelaksana Aan Faisal mengatakan, tujuan digelarnya webinar tersebut agar terwujudnya rasa persatuan pemuda mahasiswa dan kesatuan Indonesia secara utuh serta membangkitkan rasa nasionalisme jiwa pemuda mahasiswa Indonesia.

"Pada intinya agenda webinar kali ini untuk merefleksikan sejarah sumpah pemuda 1928 dan meningkatkan nilai patriotisme mahasiswa serta membumikan nilai-nilai Pancasila di bumi ulama dan jawara," ucapnya.

Menurut Aan, perubahan besar yang terjadi pada bangsa ini tidak terlepas dari peran para pemuda yang pada saat itu cerdas, kritis dan kreatif. Sumpah pemuda 1928 lahir karena langkah strategis yang dilakukan oleh pemuda untuk menyatukan pemuda di seluruh tanah air menjadi satu bangsa dan satu bahasa.

"Peran pemuda dalam mengisi kemerdekaan serta pembangunan nasional telah memberikan dampak positif bagi pertumbuhan bangsa," ucapnya.

Kepeloporan pemuda, kata dia dalam pembangunan bangsa dan negara harus dipertahankan sebagai generasi penerus yang memiliki jiwa pejuang, perintis dan kepekaan terhadap sosial, politik dan lingkungan.

"Maka hal tersebut dibarengi pula oleh sikap mandiri, disiplin, dan memiliki sifat yang bertanggungjawab, inovatif, tangguh, jujur, berani dan rela berkorban dengan dilandasi oleh semangat cinta tanah air," pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono selaku Keynot Speak Webinar, mengajak mahasiswa Cilegon untuk memaknai Hari Sumpah Pemuda dengan menjaga persatuan bangsa dan berperang melawan Pandemi Covid-19.

"Sejarah bangsa ini tidak bisa dilepaskan dari peran mahasiwa. Oleh karenanya teman-teman mahasiswa Cilegon harus aktif menyampaikan aspirasi dan kontribusi pemikiran yang baik kepada pemerintah. Karena itu sudah menjadi tanggung jawab mahasiswa," pungkasnya. (man)

Go to top