Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Fokus Utama BNNK Cilegon

Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Fokus Utama BNNK Cilegon

detakbanten.com Cilegon - AKBP Asep Muhsin Jaelani sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Cilegon resmi digantikan AKBP Abdul Majid. AKBP Abdul Majid menyatakan akan fokus melakukan pencegahan dan pemberdayaan masyarakat mencegah peredaran narkoba di Kota Cilegon. 

"Saya akan fokus untuk pencegahan dimana nanti akan ada program sosialisasi lewat berbagai informasi, pemberdayaan masyarakat dengan mengajak organisasi kepemudaan, LSM dan organisasi lainnya untuk bersama-sama melakukan pencegahan," kata AKBP Abdul Majid usai workshop P4GN di salah satu hotel di Kota Cilegon, Kamis (8/10/2020).

Selain itu, kata Majid sapaan akrabnya, pencegahan lainnya yaitu pecegahan interdiksi dengan melakukan pencegatan peredaran narkoba antar pulau. Menurutnya Banten atau Kota Cilegon merupakan pintu gerbang peredaran narkoba.

"Ada juga langkah interdiksi dengan pencegahan melakukan pencegatan peredaran lewat pintu masuk antar pulau," terangnya. 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa, pihaknya juga menggandeng Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan semacamnya untuk melakukan pencegahan narkoba secara mandiri, baik itu sosialisasi dan tes urin atau semacamnya.

"Sebagian sudah dilakukan. Namun kedepannya akan lebih diperluas dan diperbanyak," pungkasnya. 

Pihaknya juga ingin mewujudkan kelurahan yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba (Kelurahan Bersinar). Tujuan kata Majid, untuk mendorong Kelurahan Bersinar menjadi kelurahan yang dapat melaksanakan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) secara mandiri dan memiliki sistem pencegahan narkoba berbasis Keluarga. 

"Sejalan dengan amanat instruksi presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) P4GN, kami bersama stakeholders terus berupaya untuk menyusun Rencana Aksi Daerah dalam kaitan P4GN. Arahnya adalah mempersempit ruang peredaran dan penyalahgunaan narkoba serta menciptakan ketahanan keluarga dari ancaman penyalahgunaan narkoba," tandasnya. 

Ditempat yang sama, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cilegon Andi Affandi dan lurah setempat berkomitmen penuh dalam upaya menciptakan masyarakat yang bebas dari penyalahgunaan narkoba. 

"Bersama BNN kami akan berkolaborasi dan mengawal program yang direncanakan dan akan dimulai awal tahun 2021 nanti," ujarnya. 

Pihaknya turut mendorong terbentuknya tim terpadu P4GN tingkat kelurahan yang digagas oleh BNN. "Tim itu nantinya sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pencegahan narkoba di lingkungan masyarakat," tutupnya. (man

Go to top