Petingginya Membelot, PAN Siapkan Sanksi

: Bendahara PAN Cilegon Rosyid Haerudin (tengah) saat bertemu dengan Ratu Ati Marliati dan Ketua Relawan RAM Isro Mi’roj. : Bendahara PAN Cilegon Rosyid Haerudin (tengah) saat bertemu dengan Ratu Ati Marliati dan Ketua Relawan RAM Isro Mi’roj.
detakbanten.com CILEGON – Kendati Partai Amanat Nasional (PAN) telah resmi mengusung pasangan Iye Iman Rohiman – Awab pada Pilkada Kota Cilegon 2020. Namun, dukungan PAN nampaknya akan terbelah. Hal ini dikarenakan salah satu kadernya yang saat ini menjabat sebagai Bendahara DPD PAN Kota Cilegon, Rosyid Haerudin membelot dengan mendukung pasangan Ratu Ati Marliati-Sokhidin.
 
Informasi yang berhasil dihimpun mantan anggota DPRD 2009-2014 tersebut melakukan pertemuan dengan Bakal Calon Wali Kota Cilegon Ratu Ati Marliati bersama Ketua Tim Relawan Ratu Ati Marliati (RAM) Kota Cilegon Isro Mi’roj di salah satu hotel, Senin (20/7).
 
Saat dikonfirmasi Rosyid Haerudin tak menampik jika dirinya mendukung Ati-Sokhidin pada Pilkada Kota Cilegon 2020.
 
Bahkan ia pun siap mendapatkan sanksi dari partai karena keputusan politiknya berseberangan dengan keputusan PAN yang mengusung pasangan Iye-Awab.
 
“Saya siap memenangkan Bu Ati, semaksimal mungkin dan all out,” kata Rosyid, Selasa (21/7).
 
“Kalaupun harus ada sanksi sesuai mekanisme tidak masalah. Kalau sudah masa kampanye mengajak yang lain kan tidak masalah kalau tidak memaksakan kehendak,” tegasnya.
 
Rosyid menambahkan alasan kuat yang melandasi dirinya mendukung pasangan Ati-Sokhidin merupakan keinginan pribadi tanpa ada paksaan dari siapa pun.
 
Rosyid menambahkan alasan kuat yang melandasi dirinya mendukung pasangan Ati-Sokhidin merupakan keinginan pribadi tanpa ada paksaan dari siapapun.
 
“Bukan karena visi misi, bukan karena partai tidak menialankan mekanisme, tapi mumi karena suara hati saya untuk mendukung Bu Ati,” tandasnya. 
 
Menanggapi hal itu, Ketua Bidang Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan (POK) PAN Saiful Asas menjelaskan, pihaknya secara pribadi menghargai sikap Rosyid yang berbeda dukungan dengan partai. Namun, hal tersebut tentu memiliki konsekuensi, sehingga mekanisme partai akan tetap ditempuh.
 
"Jelas (pemecatan), semua ada aturannya dan akan ada keputusan resmi dari PAN yang akan disampaikan Ketua (Alawi Mahmud) atau saya yang diumumkan segera," kata Asas saat dikonfirmasi, Selasa (21/7).
 
Asas memastikan, sikap Rosyid tersebut tidak akan berpengaruh terhadap soliditas PAN yang sudah mendukung Iye - Awab. Sebab, dukungan tersebut sifatnya pribadi.
 
"Secara internal saya pastikan PAN solid. Itu sikap pribadi Haji Rosyid, dan kita hargai itu," tandasnya. 
 
Sementara itu, Bakal Calon Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati juga membenarkan pertemuan tersebut. Ia mengaku bukan hanya dengan kader PAN saja bersilaturahmi, akan tetapi dengan semua partai non koalisi juga menjalin hubungan baik.
 
"Kita sillaturahmi saja, kita silaturahmi semua. Ibu bukan hanya dengan orang PAN saja dengan siapapun. Kita pun silaturahmi dengan pak Sihabudin (Ketua DPC PPP Cilegon) cuman fotonya ngga di share, kalau ini ada yang ngeshare. Buat ibu siapapun terbuka, dengan kita berpolitik, kemudian tidak berkolisi bukan berarti kita memutus silaturahmi. Kita terbuka, belajar berpolitik yang cerdas, berpolitik berakhlak dan kita semua tampung yang penting kita ingin menang bermarabat," terangnya.
Go to top