Print this page

Warga Cikerai Diberikan Pelayanan Kesehatan dan KB Oleh TNI 

Warga Cikerai Diberikan Pelayanan Kesehatan dan KB Oleh TNI 
detakbanten.com CILEGON – Setiap satu minggu sekali selama pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108, yang berlangsung hingga akhir Juli 2020. Kodim 0623/Cilegon.
 
bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Cilegon, memberikan pelayanan kesehatan dan program Keluarga Berencana (KB) kepada masyarakat di Kelurahan Cikerai.
 
 
Dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan dan KB tersebut, sejumlah tenaga medis TNI, Dinkes dan DP3AKB Cilegon diterjunkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat selama pelaksanaan program TMMD.
 
 
Kepala DP3AKB Cilegon, Heni Anita Susila mengatakan, pemberian pelayanan program KB dan kesehatan tersebut rutin dilaksanakan setiap pelaksanaan TMMD pada setiap tahunnya.
 
 
“Alhamdulillah sekalipun dimasa pandemi (Covid-19) ini, kita tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Heni saat ditemui di Polindes Cikerai, Kecamatan Cibeber, Rabu (8/7/2020).
 
 
Namun, kata Heni, ada yang berbeda dengan pelaksanaan pelayanan kesehatan dan program KB tahun ini, ditengah pandemi virus corona, pemberian pelayanan harus menerapkan protokol kesehatan.
 
 
“Jadi ada 4 kali pelayanan dan itu di hari Rabu, karena ini terkait dengan gerakan Rabu berKB yang selalu kita sosialisasikan kepada masyarakat, inilah saatnya masyarakat untuk menjadi akseptor KB,” ujarnya.
 
 
Untuk pelayanan program KB, kata Heni, pihaknya memberikan pelayanan program dengan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) kepada akseptor dengan menggunakan implant dan IUD (Intrauterine Device).
 
 
“Yang kita fokuskan disini adalah akseptor yang menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang. Jadi diharapkan melalui program KB, dapat mewujudkan keluarga sejahtera,” tuturnya.
 
 
Salah seorang warga Lingkungan Perigi, Nia Kusniawati mengatakan, program TMMD yang dilaksanakan Kodim Cilegon dengan memberikan pelayanan kesehatan dan program KB secara gratis tersebut memberikan manfaat bagi masyarakat.
 
 
“Alhamdulillah, ada TMMD yang berikan pelayanan kesehatan untuk warga disini. Selain itu juga ada pelayanan program KB, jadi kita disini bisa tersosialisasikan dan tahu manfaat KB,” tandasnya.