Ratusan Prajurit TNI Diterjunkan Kawal Persiapan New Normal di Banten

Danrem 064/MY, Kolonel Czi Gumuruh Winardjatmiko, kepada awak media saat mengunjungi Kodim Cilegon, Rabu (3/6). Danrem 064/MY, Kolonel Czi Gumuruh Winardjatmiko, kepada awak media saat mengunjungi Kodim Cilegon, Rabu (3/6).
detakbanten.com CILEGON – Komandan Resor Militer (Danrem) 064/MY Kolonel Czi Gumuruh Winardjatmiko melakukan kunjungan ke Komando Distrik Militer (Kodim) 0623 Kota Cilegon untuk memberikan arahan dalam menghadapi skema new normal pada masa Pandemi Corona virus disease atau Covid-19 di kota baja tersebut.
 
“Prioritas arahannya terkait new normal, sudah sama-sama tahu Pandemi Covid-19 benar-benar menguasai hidup hajat orang banyak,” kata Korem 064/MY, Kolonel Czi Gumuruh Winardjatmiko kepada awak media usai kunjungan di Kodim 0623 Kota Cilegon, Rabu (3/6).
 
Menurutnya, pemerintah konsen dalam hal ini dan melibatkan TNI/Polri karena grafik peningkatan pasien terpapar Covid-19 tidak pernah turun dan selalu meningkat. Menurut dia, jika pemerintah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kemungkinan perekonomian masyarakat akan terganggu.
 
“Ada mungkin diskusi dari pusat, muncullah era new normal. Dimana aktivitas tetap berjalan seperti biasa, tapi dibatasi dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.
 
Namun, menurutnya, apakah masyarakat bisa beradaptasi. Kendati demikian, pemerintah meminta TNI/Polri ikut serta menerapkan disiplin pada masyarakat. “Mungkin lingkungan TNI/Polri masalah disiplin sudah menjadi darah daging, tapi masyarakat belum tentu,” tuturnya.
 
Selain itu, ia juga mengatakan, meskipun Kota Cilegon bukan daerah PSBB, namun pihaknya hanya akan sebatas memberikan imbauan kepada masyarakat.
 
“Nanti satgas-satgas TNI dan Polri serta Satpol PP akan memberikan imbauan kepada masyarakat supaya memperhatikan protokol kesehatan, melaksanakan aktivitas pada titik keramaian seperti biasa namun jumlahnya dibatasi,” jelasnya.
 
Ia juga mengaku, akan mengerahkan Babinsa ke desa-desa supaya bisa memberikan imbauan langsung kepada masyarakat. “Bergantian, karena kalau ke pasar itu biasanya tidak bisa diatur, tapi jangan sampai menumpuk dalam satu titik,” ujarnya.
 
Ia menyatakan, pengawalan new normal merupakan perintah langsung dari Pangdam Siliwangi untuk melaksanakan tugas-tugas pendisiplinan masyarakat dengan 3 sikap, yakni humanis, sabar dan santun. Selain itu, ia juga mengatakan tengah mengerahkan 350 personil yang dibagi pada 56 titik keramaian di wilayah Banten.
 
“Ada 350 personil yang kami kerahkan, kami gelar di semua Kodim. Mall, pasar, pelabuhan, restoran, pokoknya yang melibatkan masyarakat banyak,” tandasnya.
 
Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0623 Cilegon Letkol Arm Rico Sirait, pihaknya akan menggelar Gelar Personil Gugus Tugas  Covid-19 yaitu berupa sosilaisasi dan himbauan kepada masyarakat Kota Cilegon. 
 
"Kodim akan melakukan gelar personil dari tgl 1 sd 30 Juni ini, untuk minggu pertama kita akan memberikan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat dan untuk minggu ke 2 sampai ke 4 kita akan menegakan kedisiplinan kepada masyarakat," ungkapnya. 
Go to top