15 Titik Pengecekan Disiapkan, Polda Banten Siap Halau Pemudik

15 Titik Pengecekan Disiapkan, Polda Banten Siap Halau Pemudik
detakbanten.com CILEGON - Dalam rangka penerapan larangan mudik lebaran yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19, Kepolisian Daerah (Polda) Banten akan menggelar operasi ketupat.
Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Banten, Kombes Pol Wibowo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 15 titik cek poin (Pos Pengecekan) yang tersebar di Provinsi Banten yang berada di jalan tol dan jalur arteri.
Titik cek poin sendiri akan ditempatkan di jalan tol Tangerang-Merak, tepatnya di gerbang tol Cikupa. Sementara untuk di jalur arteri, pos pengecekan ada di gerbang Citra Raya, Cikupa, Tangerang, hingga ke perbatasan Banten-Jawa Barat.
“Ada 15 titik yang akan kita jadikan pos cek poin, 1 lokasi berada di gerbang tol Cikupa arah Jakarta, jalur B, dan 14 titik berada di jalur arteri,” kata Kombes Pol Wibowo saat ditemui di Kantor ASDP Merak, Kamis (23/4).
Pelaksanaan operasi ketupat untuk larangan mudik tersebut, akan dilaksanakan selama 37 hari, mulai 24 April 2020 pukul 00.00 WIB, hingga 31 Mei 2020 pukul 24.00 WIB.
Penyekatan kepada para pemudik, kata Kombes Pol Wibowo, telah dikordinasikan dengan Dinas Perhubungan, PT MMS selaku pengelola jalan tol, hingga BPTD dan ASDP Merak sebagai pengelola penyeberangan Jawa-Sumatera.
“Sasarannya kendaraan-kendaraan masyarakat yang akan melaksanakan mudik, maupun kendaraan angkutan barang yang tidak diizinkan,” ujarnya.
Para pemudik, jelas Kombes Pol Wibowo, nantinya akan diputar balik pada setiap titik pengecekan untuk kembali ke tempat asalnya.
Namun, untuk kendaraan yang mengangkut bahan kebutuhan pokok (Sembako), peralatan medis, bahan bakar gas (BBG), bahan bakar minyak (BBM), dan Perbankan, masih diperbolehkan untuk melintas.
“Pemberlakuan ini akan kita terapkan mulai besok,” pungkas Kombes Pol Wibowo. (man)
Go to top