Hasil Rapid Test di Cilegon, Dua Orang Dinyatakan Positif Corona

Hasil Rapid Test di Cilegon, Dua Orang Dinyatakan Positif Corona

detakbanten.com Cilegon - Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilegon lakukan rapid test kepada 187 orang. Dari test tersebut, sebanyak dua orang dinyatakan positif Virus Corona.

Kepala Dinkes Cilegon, dr Arriadna mengatakan, rapid test dilakukan kepada Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan tenaga kesehatan yang menangani dan melayani ODP dan PDP.

Dua orang yang dinyatakan postif melalui rapid test dengan tanda dua garis merah, kata dr Arriadna, merupakan ODP Kabupaten Serang bukan warga Kota Cilegon.

"Tetapi yang dua positif itu sebenarnya adalah ODP Serang, yang kebetulan diperiksanya disalah satu rumah sakit di wilayah Cilegon," kata dr Arriadna saat ditemui di Pemkot Cilegon, Senin (6/4).

Namun, kata dr Arriadna, hasil positif dengan rapid test tersebut hanya bersifat screening sebagai deteksi awal.

Keduanya akan dinyatakan terkonfirmasi positif atau negatif Covid-19 melalui pemeriksaan swab dengan metode PCR (Polymerase Chain Reaction).

"Rapid test ini sifatnya screening untuk deteksi awal, bukan penentu diagnosa, karena bukan khusus untuk Covid-19," jelasnya.

Meskipun kedua ODP tersebut positif virus corona melalui rapid test, tetapi tidak tegolong PDP. Pasien saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Jadi kalau ada positif itu memang dia akan di swab. Tolong doakan mudah-mudahan hasilnya negatif," ujarnya.

Sekedar diketahui, dari hasil update sebaran covid-19 Dinkes Cilegon pada Minggu (5/4/2020) pukul 16.00 WIB, jumlah ODP 328 orang sementara pasien sembuh 125 orang. Untuk jumlah PDP sebanyak 3 orang dan yang sembuh menjadi 2 orang. (man)

Go to top