Print this page

H - 4 Jelang Lebaran, Kendaraan Mulai Padati Pelabuhan Merak di Setiap Dermaga

H - 4 Jelang Lebaran, Kendaraan Mulai Padati Pelabuhan Merak di Setiap Dermaga

detakbanten.com, CILEGON - H-4 menjelang Lebaran 1440 H, para pemudik yang akan menyebrang ke pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak mulai terpantau padat. Hampir disetiap dermaga mulai terjadi antrean kendaraan roda empat maupun roda dua.

Salah satunya terlihat di dermaga 2, kendaraan roda empat maupun roda dua mulai mengular dari pintu masuk pelabuhan hingga ujung dermaga tempat naik kendaraan ke kapal. Dari plat nomor, kendaraan didominasi dari Jabodetabek.

Kabag Bin Opsnal Ditlantas, Polda Banten, AKBP Hamdani mengatakan, peningkatan kendaraan mulai terjadi sejak pukul 01.30 WIB dan peningkatan hampir mencapai 80 persen.

"Tadi pukul 20.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB semua dermaga kosong tapi sejak pukul 01.30 WIB peningkatan luar biasa, jadi sudah 80 persen kendaraan masuk ke pelabuhan," ungkapnya kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Sabtu (1/6/2019) dinihari.

AKBP Hamdani menjelaskan, kendaraan untuk malam ini terpantau padat sekali tapi tidak ada antrian, roda tetap berputar. Kemudian, dituturkan AKBP Hamdani sekarang di semua dermaga penuh termasuk dari depan tol gate.

"Kalau puncak arus mudik sejak tanggal 29 Mei lalu sudah mulai, namun kita perkirakan lagi nanti siang sampai malam akan terjadi puncak arus mudik lagi karena pegawai PNS sudah libur," terangnya.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik sebaiknya dilakukan di siang hari agar tidak terjadi penumpukan di malam hari.

"Kepada masyarakat jangan jalan malam hari dan jalan di siang hari, kemudian tiket siang hari ada potongan sebesar 10 persen sementara kalau malam ada kenaikan sebesar 10 persen," jelasnya.

Selain roda empat dari pantauan di dermaga 7 yang dikhususkan buat kendaraan roda dua juga sudah terpantau padat bahkan kendaraan roda dua ada yang dialihkan ke dermaga lain.