Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2018, Pangkoarmada I Siapkan Kapal Patroli

Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2018, Pangkoarmada I Siapkan Kapal Patroli

detakbanten.com CILEGON - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Yudo Margono memberikan keterangan resmi dalam rangka Pengamanan Laut Arus Mudik Lebaran 2018 di Banten, Senin (11/6/2018).

Dalam konferensi persnya Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono menyampaikan, Koarmada I mensiagakan unsur-unsurnya dalam rangka pengamanan Lebaran 2018. Semua Pangkalan pangkalan Jajaran Koarmada I terlibat aktif dalam pengamanan lebaran khususnya di perairan yang menjadi tanggungjawab Koarmada I serta di pelabuhan-pelabuhan wilayah barat, dengan melibatkan unsur-unsur KRI Koarmada I, unsur- unsur satuan kapal patroli Lantamal jajaran Koarmada I serta kapal-kapal patroli keamanan laut dari Lanal Jajaran Kaormada I beserta prajuritnya.

Untuk memastikan kesiapan jajarannya Pangkoarmada I melaksanakan peninjauan secara langsung khususnya di wilayah Perairan Jakarta dan Banten, dimana Koarmada I mensiagakan tiga unsur KRI yaitu KRI Teluk Cirebon-543, KRI Tenggiri-865, KRI Sikuda-863 dan KRI Torani-860 sebagai Unsur Pengamanan Laut serta melibatkan Kal Tamposo dan 3 unit patkamla dari Lanal Banten.

Pangkoarmada I melaksanakan pengecekan dan peninjauan situasi keamanan di sekitar perairan Selat Sunda dan Merak dengan menggunakan KRI Torani-860.

"Pengamanan tersebut bertujuan untuk menjamin kelancaran keamanan, kenyamanan serta mengantisipasi terjadinya berbagai tindak kejahatan di laut seperti perompakan, illegal fishing, illegal logging, illegal entry, maupun aksi terorisme dalam arus mudik lebaran tahun 2018," pungkasnya.

Situasi menjelang Hari Raya Idul Fitri merupakan waktu yang rawan yang kemungkinan akan dimanfaatkan oleh pelaku tindak kejahatan khususnya melalui laut, untuk itu Koarmada I akan terus meningkatkan pengawasan dan pengamanan jalur laut agar dapat mengantisipasi secara dini kemungkinan adanya tindak kejahatan di laut dengan memaksimalkan patroli laut secara berkesinambungan.

 

 

Go to top