2000 Personil Amankan Natal dan Tahun Baru

illustrasi illustrasi

BOGOR-Kepolisian Resor Bogor kerahkan 2000 personil dalam operasi lilin lodaya 2013. Hal tersebut guna mengamankan 139 tempat ibadah dan pengalihkan Jalur Puncak pukul 19:00 pada malam pergantian tahun.

Kepolisian Polres Bogor menyiagakan 2000 personil untuk operasi lilin lodaya 2013. Kesiagaan personil tersebut guna mengamankan 139 tempat ibadah di wilayah Bogor menjelang Natal.

“Menjelang natal, kami konsetrasikan untuk pengamanan 139 tempat di wilayah Bogor," kata Kepala Kepolisian Polres Bogor, Ajun Komisaris Besar Asep Safrudin, Rabu (18/12).

Untuk pengamanan natal sendiri kepolisian hanya melakukan sterilasi dan mobilitas jemaat pada saat ibadah malam natal (24/12) dan ibadah natal (25/12).  "Sementara untuk pengamanan internal, Kepolisian juga berkoordinasi dengan pengamanan jemaat setempat," kata Asep.

Pengamanan Kepolisian juga di fokuskan kepada beberapa tempat ibadah yang saat ini masih ada indikasi penolakan dari warga setempat seperti di Gereja Paroki Katolik, Kecamatan Parung, Gereja Protestan Pantekosta di Kecamatan Cileungsi.

Sementara, terkait pengamanan lalu lintas di pergantian tahun 2013-2014, Kepolisian memfokuskan di dua tempat di Bogor yang dianggap kerap melakukan keramaian. “Ada dua tempat yang di gunakan tempat keramaian yakni di jalan Tegar Beriman, Cibinong dan jalur Cisarua, Puncak,” papar Asep.

Khusus pengamanan jalur puncak pada saat pergantian tahun, Kepolisian menempatkan 1000 personil polisi untuk mengatur lalu lintas dan salah satu upaya untuk mengurangi beban kendaraan yang melintas Cisarua-Puncak, kepolisian akan mengalihkan kendaraan yang akan melintas selama 11 jam.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan menghabiskan malam tahun baru di Puncak agar melintas sebelum pukul 19:00, Selasa (31/12). Karena sejak pukul 19:00 tersebut, kendaraan yang akan melintas Puncak akan dialihkan melalui jalan Jonggol tembus di Cipanas,” jelas Asep.

Sedangkan untuk kendaraan sepeda motor akan dialihkan melalui jalan alaternatif Bendungan yang akan tembus di Cikopo, Cisarua.

Asep juga menerangkan, selain rekayasa lalu lintas tersebut, Kepolisian bersama Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ) Kabupaten Bogor akan membatasi pengangkutan trus bertonase di atas 20 ton yang akan melintas di jalur Ciawi-Sukabumi. (rul)

Go to top