Puluhan Ribu RTLH Terdapat Di Bogor

Puluhan Ribu RTLH Terdapat Di Bogor

detakbogor.com - BOGOR, Puluhan ribu rumah tidak layak huni (RTLH) terdapat di Kabupaten Bogor. Padahal pemerintah daerah ini ingin maju di Indonesia. Sayang tidak diimbangi dengan peningkatan kesejahteraan hunian untuk masyarakatnya.

Keberadaan RTLH itu perlu mendapatkan perhatian. Jumlah tersebut diambil pada 2013 di tiap desa oleh Dinas Tata Bangunan dan Pemukiman (DTBP) yang tersebar di 40 kecamatan.

"Data tersebut belum sepenuhnya sempurna. Karena dipastikan akan bertambah pada 2014 ," ujar Kasie Sarana dan Prasarana DTBP Dudy, kemarin.

Sejauh ini, kata dia, jumlah RTLH mencapai 26 ribu unit. Bantuan tersebut didapat tidak hanya dari APBD, melainkan ada dari Pemprov Jawa Barat, Dinas Sosial, dan Kementerian Perumahan Rakyat.

"Semua yang diberikan bantuan merupakan rumah yang memang menjadi skala prioritas. Pembangunan rumah bantuan itu tersebar di 40 kecamatan," ungkap Dudy.

Pada 2013, ia menambahkan, pemkab telah membangun sebanyak 5 ribu unit rumah. Program ini telah biaya Rp37,5 miliar. Di mana dibagi menjadi dua sesi. Untuk semester pertama 2.500 unit. Masing-masing mendapat anggaran Rp18,750 miliar.

Dikatakan, dana RTLH ini memang rawan diselewengkan. Namun, pihaknya telah melakukan antisipasi dengan mempersiapkan tim pendamping masyarakat (TPM). Tim ini difungsikan agar bantuan yang diberikan digunakan dan diberikan kepada yang membutuhkan. (rul)

Go to top