Masyarakat Banten Harus Mampu Tingkatkan SDM Hadapi MEA

Masyarakat Banten Harus Mampu Tingkatkan SDM Hadapi MEA

detakbanten.com SERANG - Dalam rangka menghadapi persaingan di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), masyarakat Banten diminta untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masing-masing, sehingga tercapai kemempuan yang tepat.

Komisi V DPRD Banten, Sanudji mengatakan, jika ada pertanyaan buruh di Banten siap atau tidak menghadapi MEA, hal itu mungkin belum dapat dipastikan. Namun, semua itu harus diawali denga meningkatkan kemampuan SDM masing-masing terlebih dahulu.

"Upaya peningkatan dan kesiapan memang masih terus dilakukan, tapi kita harus mulai dengan peningkatan SDM diri sendiri. Tapi sebenarnya jika dilihat dari kemampuan, buruh kita sudah siap bersaing," katanya dalam diskusi peluang dan tantangan buruh Banten Hadapi MEA di Sekretariat Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Provinsi Banten, Senin (07/12/15).

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banten, Hudaya Latuconsina mengatakan, untuk mempersiapkan persingan MEA, maka harus ada sinergitas dan peningkatan SDM yang tepat.

"Saat ini memang masih kurang sinergitas antara satu instansi satu dan lannya. hal itulah yang diperlukan untuk meningkatkan SDM menghadapi persaingan MEA," katanya.

Selan itu, adanya SDM yang tepat sesuai dengan kebutuhan industri atau perusahaan, harus diperhatikan. saat ini, kata Hudaya, untuk populasi usia produktif yang berkesempatan dapat pekerjaan sebanyak 5,2 juta jiwa.

"Jika prtanyaannya siap bersaing atau tidak, dapat dilihat dari tingkat lulusn pendidikan," ungkapnya.

Hudaya menjelaskan, dari 5,2 juta jiwa pekerja usia produktif tersebut, sebagian besar didominasi lulusan Sekolah dasar sebanyak 1,8 juta. kmudian lulusan SMA sebanyak 1,1 juta, lulusan SMK 600 ribu, dan lulusan Strata 1 sebanyak 1.636 ribu.

"Jumlah perusahaan di Banten mencapai 13.140.000, dengan jumlah pekerja lokal sebanyak 1.332.466, dan pekerja asing sebanyak 1.082.000. Inilah yang harus dimanfaatkan, jika memang kita bisa bersaing dengan pekerja asing, tentu akan banyak peluang" jelasnya.

Go to top