Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Banten Dewi Indriarti Rano gelar Sosialisasi Perkoperasian di Wilayah Minapolitan

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Banten Dewi Indriarti Rano gelar Sosialisasi Perkoperasian di Wilayah Minapolitan

detakbanten.com LEBAK - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Banten Dewi Indriarti Rano gelar acara Sosialisasi Perkoperasian di Wilayah Minapolitan di Desa Muara, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Rabu (18/11). Dewi Indiarto Rano menilai para istri nelayan selama ini belum maksimal diberdayakan, mereka sebenarnya memiliki potensi kreatifitas usaha yang cukup tinggi.

"adanya hal itu kami bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM ingin berbagi pengalaman serta kiat-kiat meningkatkan usaha bagi ibu-ibu nelayan yang ada di sini," kata Dewi Rano saat memberikan arahan di acara Sosialisasi Perkoperasian di Wilayah Minapolitasn di Desa Muara, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Rabu (18/11).

Lebih lanjut Dewi mengatakan, dirinya yakin bahwa istri-istri nelayan mempunyai kegiatan-kegiatan usaha kecil dibidang perikanan, namun, belum diakomodir secara baik. Untuk itu peningkatan keterampilan usaha-usaha atau pengelolaan ikan bisa lebih ditingkatkan dengan berbagai cara atau berbagai rasa melalui pembentukan koperasi.
"Supaya ibu-ibu lebih terkoordinir atau memudahkan usahanya, untuk itu diharapkan membentuk wadah koperasi," katanya dihadapan puluhan peserta yang mayoritas istri-istri para nelayan.

Dewi ingin agar para istri nelayan tersebut mempunyai wadah usaha yang punya kekuatan hukum yaitu koperasi. "Nantinya koperasi ini bisa memudahkan akses pemodalan dan memperluas jaringan usaha, jadi nantinya ibu-ibu juga punya penghasilan tambahan," ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten Nurhana menambahkan, kegiatan sosialisasi perkoperasian di wilayah minapolitan ini merupakan hasil sinergi dengan program PKK, yaitu pengembangan UMKM.

Pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan pemahaman tentang koperasi dan bisa lebih mandiri yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan mereka.

"Ke depan kami (Dinkop) bekerjasama dengan PKK dan Dinas Koperasi Kabupaten Kota akan melatih kewirausahaan untuk istri nelayan. Jadi istrinya jangan duduk-duduk saja tapi punya kegiatan lain, selagi suaminya berlayar. Dengan pelatihan tersebut, mereka bisa memanfaatkan waktu yang ada dan mendapatkan keuntungan lebih," kata Nurhana

"Untuk itu, saya berharap apa yg disampaikan narasumber bisa diserap dengan baik dan ibu-ibu sampaikan saja pertanyaan agar bisa dicarikan solusinya,"harapnya.

Sementara Kasie Ekbang Kecamatan Wanasalam, Wawang Suherlan mengatakan, kegiatan sosialisasi perkoperasian ini sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM terutama istri-istri nelayan yang mempunyai usaha kecil-kecilan. Menurutnya, di Kecamatan Wanasalam ada sekitar 16 koperasi, dan 5 diantaranya di Desa Muara dengan 22 usaha, mulai dari pengelolaan ikan, pembuatan abon dan usaha kecil lainnya.

"Kehormatan bagi kami, bahwa kedatangan ibu Dewi sangat ditunggu-tunggu dan mudah-mudahan apa yg disampaikan bisa bermanfaat bagi masyarakat kami, dan diharapkan mendapatkan ilmu yang bisa meningkatkan perekonomian keluarga. " harap Wawang.

Go to top