Print this page

Pemuda Indonesia Harus Siap Bersaing di Era Globalisasi

Pemuda Indonesia Harus Siap Bersaing di Era Globalisasi
detakbanten.com SERANG - Peringatan Hari Sumpah Pemuda harus dijadikan momentum bagi para generasi muda untuk melanjutkan perjuangan dan Heroisme pemuda dulu dengan mendeklarasikan gagasan perjuangan untuk mewujudkan satu tanah air, satu tumpah darah, dan satu bahasa . Ungkap Gubernur Banten H. Rano Karno, S.IP mengawali sambutannya dalam acara Upacara Peringatan Sumpah Pemuda dan Kesadaran Nasional bertempat di Lapangan KP3B. Serang. (28/10).
 

“Sumpah Pemuda merupakan manifestasi dari kepeloporan dan kepedulian untuk mengangkat harkat dan martabat Indonesia menjadi bangsa yang mandiri dan sejajar dengan bangsa lain “ ujar H. Rano Karno.

Menurut Rano, Sumpah pemuda telah membulatkan tekad semangat seluruh anak bangsa untuk berjuang dan tetap menjaga NKRI dari berbagai upaya rongrongan terhadap disintegrasi bangsa.

“Kita memasuki era komunitas ASEAN, untuk itu kepada para pemuda harus mempersiapkan diri supaya mampu bersaing dengan bangsa lain," imbuhnya.
 
Lanjutnya, mentalitas pemuda harus terus dibangun  agar menjadi pemuda yang unggul, berkarakter, berkapasitas, dan berdaya saing.
Tahun ini adalah tahun penguatan untuk menghadapi persaingan, ungkap Gubernur Banten.
 
Sementara itu terkait kesadaran nasional, Gubernur Banten berpesan hendaknya dapat dijadikan momentum konsolidasi organisasi sekaligus memelihara dan membangun sikap disiplin dan soliditas antar aparatur.
 
“Melalui hal tersebut saya percaya seberat apapun beban kerja kita, akan dapat diatasi dan diselesaikan dengan baik “ tegas H. Rano Karno, S.IP.

Dalam upacara peringatan sumpah pemuda tersebut Gubernur Banten menyerahkan secara simbolis penghargaan kepada para pemuda berprestasi.
Turut hadir dalam acara tersebut adalah Sekretaris Daerah Prov. Banten Drs. H. Ranta Suharta, MM, Anggota FKPD Prov. Banten, para Kepala SKPD di Lingkungan Pemprov Banten, serta para ASN di lingkungan Pemprov Banten.