Rano Karno Wacanakan Gedung Galeri Kesenian

Rano Karno Wacanakan Gedung Galeri Kesenian

detakserang.comBANTEN - Plt Gubernur Banten Rano Karno sangat mengapresiasi kebudayaan lokal. Tidak heran pemeran film Si Doel Anak Sekolah ini bahagia karena saat ini kebudayaan di Banten mulai bergeliat.

Pengakuan jujur Rano Karno terungkap ketika memberi sambutan pembukaan Pekan Budaya Banten di halaman Pendopo Gubernur Lama, Kota Serang, Kamis (9/10).

"Mudah-mudahan pelaksanaan Pekan Budaya Banten n lebih spektakuler lagi pada tahun depan," ujar Plt Gubernur Banten H Rano Karno SIP.

Ia tidak memungkiri pendopo eks Gubernur ini akan jadi museum Provinsi Banten. Bahkan, dijadikan pusat galeri untuk lukisan-lukisan para seniman. Selain itu, untuk kegiatan anak-anak dalam kesenian. Karena tanpa sarana dan prasarana, sebuah kreativitas akan sulit terlahirkan.

"Insya Allah Provinsi Banten akan melaksanakan even nasional yaitu Festival Film Indonesia, tahun depan. Juga akan melaksanakan kegiatan offroad tingkat internasional.

"Marilah bangun kecintaan kita kepada budaya. Karena budaya bisa mengerakkan rasa cinta kita. Di samping itu, budaya mempunyai pengertian krativitas dan tenaga!" seru Rano Karno.

Plt Gubernur menjelaskan, kegiatan Pekan Budaya Banten merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-14 Provinsi Banten. Tujuannya mewadahi para penggiat seni budaya di Banten untuk menampilkan atraksi kesenian yang dikemas dalam bentuk seni pertunjukan bercirikan budaya lokal.

Selain itu, pada kesempatan ini akan memberikan ruang kepada para generasi muda untuk mengekplorasikan kreativitas menciptakan karya-karya seni yang inovatif. Sehingga akan tercipta rasa mencintai seni budaya sendiri.

Menurutnya, Banten sebagai daerah yang memiliki kekayaan budaya yang berasal dari etnik yang berbeda. Perbedaan ini agar menumbuhkan suasana yang rukun damai, harmonis, serta secara bersama sama mewujudkan masyarakat Banten yang lebih sejahtera.

Keberagaman dan keunikan budaya Banten, ia menambahkan, akan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Dan, diharapkan Banten dapat menjadi daerah tujuan wisata yang diperhitungkan ke depan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Hj Endrawati mengatakan, Pekan Budaya Banten diselengarakan pada 9-14 Oktober. Para peserta berasal dari kabupaten/kota se-Provinsi Banten. Tim kesenian dari sekolah di wilayah Banten. Hal ini untuk membangkitkan minat pelaku seni, khususnya generasi muda.

Ia pun sangat mengharapkan, generasi muda mampu mengembangkan seni budaya Banten yang dikemas dalam suatu seni pertunjukan untuk memperkenalkan keragamaan budaya Banten. Sehingga generasi muda tidak hanya mengenal seni modern, melainkan juga mengenal dan mengembangkan seni budaya.

bimo rental

Go to top